TY - THES N1 - Dr. Andi Prastowo, S.Pd.I, M.Pd.I, ID - digilib29155 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29155/ A1 - ALIFA EKA SASMITA, NIM. 13480059 Y1 - 2017/09/21/ N2 - Manusia dan lingkungan hidup memiliki hubungan yang saling ketergantungan dan timbal balik. Perilaku buruk manusia dari tindakan sehari-hari hingga industri mengakibatkan kerusakan lingkungan hidup. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengendalian melalui pendidikan lingkungan hidup dan penanaman rasa empati dan kepedulian terhadap lingkugan sejak sedini mungkin. Upaya tersebut akan lebih efektif dan berkelanjutan apabila dilaksanakan di sekolah atau madrasah. Berdasarkan latar belakang diatas rumusan masalah adalah 1) Bagaimana proses kebijakan madrasah berbasis Adiwiyata di MIN 4 Gunungkidul, 2) Bagaimana proses kebijakan madrasah berbasis Adiwiyata sebagai sarana mengembangkan kecerdasan ekologis siswa di MIN 4 Gunungkidul, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kebijakan madrasah berbasis Adiwiyata sebagai sarana mengembangkan kecerdasan ekologis siswa di MIN 4 Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Tempat yang digunakan untuk penelitian adalah di MIN 4 Gunungkidul yang terletak di Semenrejo, Pulutan, Wonosari, Gunungkidul. Subjek penelitian dalam penelitian ini meliputi Kepala madrasah, Koordinator Tim Adiwiyata, Guru dan Anggota TIM Adiwiyata, dan beberapa siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, data reduction, data display, dan conclusion drawing. Teknik pemeriksaan data dengan cara menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Adapun triangulasi yang digunakan dalam penelitian adalah triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan kebijakan madrasah yang diterapkan di MIN 4 Gunungkidul adalah kebijakan yang berbasis Adiwiyata. Kebijakan Adiwiyata merupakan segala bentuk keputusan dan aturan untuk berwawasan dan berbudaya peduli terhadap lingkungan hidup dalam semua aspek ketetapan dan kegiatan madrasah. Kebijakan Adiwiyata dilakukan melalui tahap formulasi, implementasi dan evaluasi. Kebijakan Adiwiyata bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan ekologis siswa di MIN 4 Gunungkidul. Kebijakan Adiwiyata bertujuan untuk membentuk generasi yang memiliki kecerdasan ekologis, bebudaya dan ramah lingkungan. Proses pengembangan kecerdasan ekologis melalui kebijakan Adiwiyata dilakukan dengan program-program yang berbentuk pembiasaan, keteladanan dan integrasi terhadap lingkungan hidup dalam semua aspek kegiatan madrasah. Faktor pendukung kebijakan Adiwiyata sebagai sarana mengembangkan kecerdasan ekologis siswa antara lain motivasi, kerjasama tim, antusiasme siswa, lokasi madrasah, inovasi dan kreativitas, serta sarana dan prasarana madrasah. Faktor penghambatnya antara lain keterbatasan waktu, rendahnya kesadaran orangtua, kurangnya sarana prasarana dan kurangnya kedisiplinan siswa. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Kebijakan KW - Adiwiyata KW - Kecerdasan Ekologis M1 - skripsi TI - KEBIJAKAN MADRASAH BERBASIS ADIWIYATA SEBAGAI SARANA MENGEMBANGKAN KECERDASAN EKOLOGIS SISWA DI MIN 4 GUNUNGKIDUL AV - restricted EP - 377 ER -