%0 Thesis
%9 Skripsi
%A RANDY GUMELARWICAKSONO, NIM.  13480085
%B Fakultas Ilmu Tarbjiyah
%D 2017
%F digilib:29164
%I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
%K Pengembangan, Kartu Transparan, Media Pembelajaran,  Pembelajaran Matematika.
%P 156
%T PENGEMBANGAN MEDIA KARTU TRANSPARAN  DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA  MATERI PERKALIAN PECAHAN UNTUK SISWA SD/MI
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29164/
%X Penelitian bertujuan untuk (1) menghasilkan produk kartu transparan  sebagai media pembelajaran matematika materi perkalian pecahan. (2)  mengetahui kelayakan produk kartu transparan sebagai media pembelajaran  matematika untuk siswa kelas V SD/MI. (3) mengetahui respon siswa  terhadap produk kartu transparan sebagai media pembelajaran matematika  untuk siswa kelas V SD/MI.  Penelitian yang dilakukanmerupakan penelitian pengembangan R&D  (Research and Development). Prosedur penyusunan produk kartu transparan  yaitu menggunakan tahap Pendefinisian (Define), Perancangan (Design),  Pengembangan (Development), dan Penyebarluasan (Dessiminate). Produk  buku cerita bergambar dinilai oleh ahli materi, ahli media, peer reviewer  (teman sejawat) dan 2 guru MI Ma’arif Giriloyo I, serta direspon oleh 10  siswa kelas V MI Ma’Arif giriloyo I.  Hasil dari penelitian kartu transparan setelah berhasil dikembangkan  sebagai berikut: kelayakan produk ditunjukan dengan kualitas produk kartu  transparan berdasarkan penilaian ahli materi adalah Sangat Baikdengan skor  rata-rata 4,62 dan persentase keidealan 92,4%. Berdasarkan penilaian ahli  media adalahBaikdengan skor rata-rata 4 dan persentase keidealan 80%.  Berdasarkan penilaian peer reviewer adalah Sangat Baikdengan skor rata-rata  4,4 dan persentase keidealan 88,8%. Berdasarkan penilaian guru adalah  Sangat Baikdengan skor rata-rata 4,94 dan persentase keidealan 98,8%.  Dengan demikian, produk kartu transparan layak digunakan sebagai media  pembelajaran matematika materi perkalian pecahan untuk siswa kelas V  SD/MI. Berdasarkanrespon oleh 10 siswa kelas V MI Ma’arif Giriloyo I  diperoleh respon positif dengan skor rata-rata 9,6 dan persentase keidealan  96% sehingga kartu transparan dapat digunakan sebagai media pada  pembelajaran matematika.
%Z Sigit Prasetyo, M.Pd.Si