%0 Thesis %9 Skripsi %A RANDY GUMELARWICAKSONO, NIM. 13480085 %B Fakultas Ilmu Tarbjiyah %D 2017 %F digilib:29164 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Pengembangan, Kartu Transparan, Media Pembelajaran, Pembelajaran Matematika. %P 156 %T PENGEMBANGAN MEDIA KARTU TRANSPARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN PECAHAN UNTUK SISWA SD/MI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29164/ %X Penelitian bertujuan untuk (1) menghasilkan produk kartu transparan sebagai media pembelajaran matematika materi perkalian pecahan. (2) mengetahui kelayakan produk kartu transparan sebagai media pembelajaran matematika untuk siswa kelas V SD/MI. (3) mengetahui respon siswa terhadap produk kartu transparan sebagai media pembelajaran matematika untuk siswa kelas V SD/MI. Penelitian yang dilakukanmerupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Prosedur penyusunan produk kartu transparan yaitu menggunakan tahap Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), dan Penyebarluasan (Dessiminate). Produk buku cerita bergambar dinilai oleh ahli materi, ahli media, peer reviewer (teman sejawat) dan 2 guru MI Ma’arif Giriloyo I, serta direspon oleh 10 siswa kelas V MI Ma’Arif giriloyo I. Hasil dari penelitian kartu transparan setelah berhasil dikembangkan sebagai berikut: kelayakan produk ditunjukan dengan kualitas produk kartu transparan berdasarkan penilaian ahli materi adalah Sangat Baikdengan skor rata-rata 4,62 dan persentase keidealan 92,4%. Berdasarkan penilaian ahli media adalahBaikdengan skor rata-rata 4 dan persentase keidealan 80%. Berdasarkan penilaian peer reviewer adalah Sangat Baikdengan skor rata-rata 4,4 dan persentase keidealan 88,8%. Berdasarkan penilaian guru adalah Sangat Baikdengan skor rata-rata 4,94 dan persentase keidealan 98,8%. Dengan demikian, produk kartu transparan layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika materi perkalian pecahan untuk siswa kelas V SD/MI. Berdasarkanrespon oleh 10 siswa kelas V MI Ma’arif Giriloyo I diperoleh respon positif dengan skor rata-rata 9,6 dan persentase keidealan 96% sehingga kartu transparan dapat digunakan sebagai media pada pembelajaran matematika. %Z Sigit Prasetyo, M.Pd.Si