%0 Thesis %9 Skripsi %A WIDIA MUSTIKA SARI, NIM. 13710021 %B FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA %D 2017 %F digilib:29170 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Bullying Behavior, Emotional Intelligence, Peer conformity, Perilaku Bullying, Kecerdasan Emosional, Konformitas Teman Sebaya %P 168 %T PERILAKU BULLYING DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA PADA REMAJA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29170/ %X This study aims to (1). knowing the relationship of emotional intelligence and peer conformity with bullying behavior, (2). knowing the relationship of emotional intelligence with bullying behavior, (3). knowing the conformity relationship of peers with bullying behavior. Sampling technique in this research using quota sampling technique. Respondents are Muhammadiyah 3 Yogyakarta (N = 71). The research method used is quantitative method by using scale as data collection tool. The scale used is the scale of bullying behavior, the scale of emotional intelligence, and peer conformity. Data analysis used is multiple regression analysis using SPSS (Statistical Package Social Science) 16.0 For Windows. Regression coefficient of emotional intelligence and peer conformity with bullying behavior r = 0,646 with significant level 0,000 (p 0,05). Then the correlation coefficient between emotional intelligence with bullying behavior showed r = 0.616 with significant level p = 0.000 (p 0,05). Furthermore, the correlation coefficient between peer conformity with bullying behavior showed r = 0.646 with significant level p = 0.037 (p 0,05). This research can be concluded that there is correlation between emotional intelligence and peer conformity with bullying behavior, then there is positive correlation between emotional intelligence with bullying behavior and there is a negative relationship between peer conformity with bullying behavior. ( INDONESIA ) Penelitian ini bertujuan untuk (1). mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying, (2). mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan perilaku bullying, (3). mengetahui hubungan konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik quota sampling. Responden adalah siswa SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta (N=71). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan skala sebagai alat pengumpulan data. Skala yang digunakan yaitu skala perilaku bullying, skala kecerdasan emosional, dan konformitas teman sebaya. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi ganda menggunakan SPSS (Statistical Package Social Science) 16.0 For Windows. Koefisien regresi kecerdsan emosional dan konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying r = 0,646 dengan taraf signifikan 0,000 (p<0,05). Kemudian koefisien korelasi antara kecerdasan emosional dengan perilaku bullying menunjukkan r = 0.616 dengan taraf signifikan p = 0.000 (p<0,05). Selanjutnya koefisien korelasi antara konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying menunjukkan r = 0.646 dengan taraf signifikan p = 0.037 (p<0,05). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kecerdasan emosional dan konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying, kemudian terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan perilaku bullying dan terdapat hubungan yang negative antara konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying. Kata Kunci : Perilaku Bullying, Kecerdasan Emosional, Konformitas Teman Sebaya %Z Rachmy Diana S.Psi., M.A,