%S Bunga Rampai %A Achmad Warid %T PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM (STUDI ANALISIS KONSEP DAN SEJARAH) %X Deskripsi Fazlur Rahman dalam mengidentifikasi kondisi pendidikan Islam pada masanya, tidak jauh berbeda dengan kondisi dan per an pendidikan Islam yang ber langsung sekarang. Strategi pendidikan Islam -yang berlangsung sekarang-lebih bersifat mekanik reaktif, artinya nilai-nilai yang dikembangkan dalam strategi pendidikan Islam bersifat pasif, statis dan tidak aplikatif., dan ia baru bergerak jika muncul arus-arus luar yang mengecam eksistensi moralitas keberagamaan. Implikasi dari strategi ini, tidak mungkin mengharapkan proses pendidikan yang mampu mengembangkan daya kreatifitas di tengah-tengah tuntutan kehidupan, mempunyai muara pengendali dan sekaligus yang dapat mengatur ritme perubahan yang diinginkan. %N 1 %K pendidikan islam, konsep, sejarah %P 87-128 %B PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONSEPSI DAN REALITAS %V 1 %C Yogyakarta %D 2006 %I Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga %L digilib29179