<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP BAROKAH MENURUT SANTRI MADRASAH HUFFADH 1\r\nPONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK, YOGYAKARTA\r\n(Telaah Epistemologi)"^^ . "Dalam dunia pesantren, barokah merupakan sesuatu yang sakral dan\r\nsemua santri ingin mendapatkanya. Bahkan, bukan hanya santri, orang-orang\r\nbiasa (selain santri) pun sangat mengaharapkan barokah dari seorang kiai/ustad\r\nkarena kiai diyakini mampu mengalirkan barokah yang diberikan oleh tuhanya.\r\nBarokah sebagai orientasi kehidupan dimaknai secara beragam oleh para santri\r\nsesuai dengan tingkat pengetahuan yang mereka miliki. Pemaknaan tersebut\r\nmengarah kepada sebuah anggapan bahwa kiai merupakan perantara untuk\r\nmendapatkan barokah dari Ilahi. Sangat wajar jika para masyarakat juga\r\nkepatuhan mereka kepada figur sosok kiai jauh melebihi kepatuhanya pada\r\npejabat, birokrasi atau institusi Negara bahkan banyak yang tingkat kepatuhan dan\r\nhormatnya jauh melebihi orangtua sendiri. Orientasi inilah segala aktivitas\r\nbelajar-mengajar di dunia pesantren tidak lepas dari orientasi pencapaian barokah.\r\nOrientasi tersebut terekspresikan dalam pencarian ilmu di pesantren yang “hanya”\r\nberorientasi pada “mencari barokah” bukan “mencari ilmu”. Disadari ataupun\r\ntidak, Pemaknaan barokah secara langsung berimplikasi terhadap realitas\r\nkehidupan bermasyarakat.\r\nBerdasarkan masalah tersebut, penulis tertarik mengangkat fenomena ini\r\ndan mengambil judul “Konsep Barokah menurut Santri Madrasah Huffadh 1\r\nPondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta” (Telaah Epistemologi)\r\ndengan rumusan masalah: Bagaimana konsep barokah menurut santri Madrasah\r\nHuffadh 1 Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta? Bagaimana\r\nimplikasi barokah terhadap santri Madrasah Huffadh 1 Pondok Pesantren Al-\r\nMunawwir Krapyak, Yogyakarta? Penelitian ini menggunakan metodologi\r\npenelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui interview/wawancara dan\r\ndokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif interpretatif.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa barokah dimaknai secara beragam\r\noleh para santri. Keragaman pemaknaan ini berdasarkan tingkat keilmuan yang\r\ndimiliki. Santri sudah mengetahui bahwa barokah tidak datang secara tiba-tiba\r\ndan harus memalui usaha yang diyakini sebagai jalan untuk mendapatkan barokah\r\nseperti: bertaqwa kepada Allah, rasul-Nya, patuh dan taat kepada kiai, membantu\r\nkiai, keluarganya dan keturunanya, mematuhi peraturan pesantren, belajar rajin,\r\ntidak nakal, dan tetap istiqomah. Kiai dianggap sosok yang tidak pernah\r\nberbohong apalagi menjerumuskan kepada hal-hal yang tidak baik dan kiai juga\r\ndiyakini menjadi sosok yang mampu menjadi perantara untuk mendapatkan\r\nbarokah yang sangat diidam-idamkan."^^ . "2017-11-08" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Ushuludin, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11510026"^^ . "IMAM TABRONI"^^ . "NIM. 11510026 IMAM TABRONI"^^ . . . . . . "KONSEP BAROKAH MENURUT SANTRI MADRASAH HUFFADH 1\r\nPONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK, YOGYAKARTA\r\n(Telaah Epistemologi) (Text)"^^ . . . . . "11510026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP BAROKAH MENURUT SANTRI MADRASAH HUFFADH 1\r\nPONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK, YOGYAKARTA\r\n(Telaah Epistemologi) (Text)"^^ . . . . . "KONSEP BAROKAH MENURUT SANTRI MADRASAH HUFFADH 1\r\nPONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK, YOGYAKARTA\r\n(Telaah Epistemologi) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP BAROKAH MENURUT SANTRI MADRASAH HUFFADH 1\r\nPONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK, YOGYAKARTA\r\n(Telaah Epistemologi) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP BAROKAH MENURUT SANTRI MADRASAH HUFFADH 1\r\nPONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK, YOGYAKARTA\r\n(Telaah Epistemologi) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP BAROKAH MENURUT SANTRI MADRASAH HUFFADH 1\r\nPONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK, YOGYAKARTA\r\n(Telaah Epistemologi) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP BAROKAH MENURUT SANTRI MADRASAH HUFFADH 1\r\nPONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK, YOGYAKARTA\r\n(Telaah Epistemologi) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP BAROKAH MENURUT SANTRI MADRASAH HUFFADH 1\r\nPONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK, YOGYAKARTA\r\n(Telaah Epistemologi) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP BAROKAH MENURUT SANTRI MADRASAH HUFFADH 1\r\nPONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK, YOGYAKARTA\r\n(Telaah Epistemologi) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP BAROKAH MENURUT SANTRI MADRASAH HUFFADH 1\r\nPONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK, YOGYAKARTA\r\n(Telaah Epistemologi) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #29180 \n\nKONSEP BAROKAH MENURUT SANTRI MADRASAH HUFFADH 1 \nPONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK, YOGYAKARTA \n(Telaah Epistemologi)\n\n" . "text/html" . . . "Aqidah Filsafat"@en . .