%0 Book Section %A Arif, Mahmud %B PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONSEPSI DAN REALITAS %C Yogyakarta %D 2006 %F digilib:29181 %I Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga %K pendidikan islam, tradisi bayani %N 1 %P 129-171 %S Bunga Rampai %T TRADISI BAYANI DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Historis-Filosofis atas Epistemologi Pendidikan Islam Masa Keemasan dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29181/ %V 1 %X Tradisi pada institusi-institusi pesantren di tanah air diakui kuat ikatan "geneologisnya" dengan tradisi keislaman klasik. Ini merupakan kesinambungan dari konsep pemikiran keislaman masa lampau yang dihasilkan oleh para pemikir muslim kenamaan, semisal: al-Syafi'i, Ibn Sina, Ibn Miskawaih, al-Ghazali dan al-Zarnuji. Nasr Abu Zaid mengungkapkan bahwa wacana keagamaan Islam kontemporer, dimana pendidikan Islam sebagai bagian integralnya antara lain mempunyai ciri menonjol berupa menjadikan salaf atau "tradisi" (turats) sebagai model acuan tanpa reserve. Artinya,idealisasi (pengagungan) dan bahkan glorifikasi terhadap capaian masa lalu dirasa sedemikian kuat menghegemoni pola pikir kesejarahan umat Islam hingga dewasa ini.