TY - CHAP CY - Yogyakarta ID - digilib29188 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29188/ A1 - Assegaf, Abd. Rachman N2 - Klasifikasi ilmu yang dikembangkan di Barat membagi ilmu dalam tiga kelompok, yakni ilmu-ilmu sosial (social sciences), ilmuilmu kealaman (natural sciences), dan ilmu-ilmu humaniora. Dalam Klasifikasi tersebut, Ilmu-ilmu yang terkait dengan pendidikan masuk dalam kategori ilmu sosial, sedang agama dalam humaniora. Posisi agama dalam humaniora tersebut jelas mereduksi peran wahyu dalam bidang keilmuan. Bila dicermati secara mendalam, para pemikir pendidikan Islam klasik, tengah, maupun kontemporer, sebenarnya pembahasan seputar klasifikasi ilmu tersebut telah lama dilakukan dan menunjukkan sudut pandang yang berbeda dengan ketiga klasifikasi ilmu di atas. Dalam tradisi keilmuan Muslim tersebut dikenal dalil aqli dan dalil naqli, dimana bila pembagian dalil yang lebih populer di kalangan fuqaha tersebut ditransformasikan ke dalam konsep keilmuan maka terbentuklah klasifikasi ilmu-ilmu rasional (a~ ulum aklqliyah, rational knowledge), seperti ilmu-ilmu sosial, kealaman, dan humaniora tersebut di atas, karena semua ilmu tadi bersumber dari daya nalar manusia. Sedangkan agama termasuk dalam bidang tersendiri, yakni: a~lum a~liyah (akliniyah) atau revealed knowledge, dapat diatasi. M1 - 1 TI - REORIENTASITRADISI KEILMUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF HADHARAHAL-'ILM AV - restricted EP - 26 Y1 - 2010/11/01/ PB - Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga KW - pendidikan islam KW - perspektif hadharah al-' ilm T3 - Bunga Rampai SN - 9786028869065 SP - 1 T2 - Antologi Pendidikan Islam ER -