eprintid: 29188 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/91/88 datestamp: 2018-02-02 01:53:43 lastmod: 2018-02-02 01:54:19 status_changed: 2018-02-02 01:53:43 type: book_section metadata_visibility: show creators_name: Assegaf, Abd. Rachman title: REORIENTASITRADISI KEILMUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF HADHARAHAL-'ILM ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: a-buku full_text_status: restricted keywords: pendidikan islam, perspektif hadharah al-' ilm abstract: Klasifikasi ilmu yang dikembangkan di Barat membagi ilmu dalam tiga kelompok, yakni ilmu-ilmu sosial (social sciences), ilmuilmu kealaman (natural sciences), dan ilmu-ilmu humaniora. Dalam Klasifikasi tersebut, Ilmu-ilmu yang terkait dengan pendidikan masuk dalam kategori ilmu sosial, sedang agama dalam humaniora. Posisi agama dalam humaniora tersebut jelas mereduksi peran wahyu dalam bidang keilmuan. Bila dicermati secara mendalam, para pemikir pendidikan Islam klasik, tengah, maupun kontemporer, sebenarnya pembahasan seputar klasifikasi ilmu tersebut telah lama dilakukan dan menunjukkan sudut pandang yang berbeda dengan ketiga klasifikasi ilmu di atas. Dalam tradisi keilmuan Muslim tersebut dikenal dalil aqli dan dalil naqli, dimana bila pembagian dalil yang lebih populer di kalangan fuqaha tersebut ditransformasikan ke dalam konsep keilmuan maka terbentuklah klasifikasi ilmu-ilmu rasional (a~ ulum aklqliyah, rational knowledge), seperti ilmu-ilmu sosial, kealaman, dan humaniora tersebut di atas, karena semua ilmu tadi bersumber dari daya nalar manusia. Sedangkan agama termasuk dalam bidang tersendiri, yakni: a~lum a~liyah (akliniyah) atau revealed knowledge, dapat diatasi. date: 2010-11-01 date_type: published series: Bunga Rampai volume: 1 number: 1 publisher: Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga place_of_pub: Yogyakarta pagerange: 1-26 pages: 255 refereed: TRUE isbn: 9786028869065 book_title: Antologi Pendidikan Islam citation: Assegaf, Abd. Rachman (2010) REORIENTASITRADISI KEILMUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF HADHARAHAL-'ILM. In: Antologi Pendidikan Islam. Bunga Rampai, 1 (1). Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, pp. 1-26. ISBN 9786028869065 document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29188/13/COVER%20SUTRISNO%204.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29188/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29188/2/ABD.%20RACHMAN%20ASSEGAF%20-%20REORIENTASI%20TRADISI%20KEILMUAN%20PENDIDIKAN%20ISLAM%20DALAM%20PERSPEKTIF%20HADHARAH%20AL-%27ILM.pdf