@incollection{digilib29203, volume = {Vol. 1}, number = {No. 1}, month = {February}, author = {. Maemonah}, series = {Prosiding}, booktitle = {Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Milenium}, title = {Pendidikan Nilai dalam Kitab Ayyuha al Walad}, address = {Samrinda}, publisher = {PGMI PRESS UIN SUKA}, year = {2017}, pages = {75--90}, keywords = {pendidikan nilai, Al-Ghazali, Ayyuha al Walad.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29203/}, abstract = {Pendidikan nilai memiliki peran strategis untuk menjalankan proses transformasi dan wacana konsep-konsep nilai dalam masyarakat, baik yang terkait dengan individu, sosial, kenegaraan maupun kaitannya dengan keagamaan. Oleh karena itu pendidikan nilai, dalam satu perspektif, tidak jauh berbeda dengan pendidikan moral, budi pekerti, etikaf akhlaq. Perbedaannya terletak pada cakupan dalam pendidikan nilai yang lebih luas. Pendidikan nilai tidak sekedar pendidikan moral, budi pekerti, atau etikaj akhlaq. Pendidikan nilai juga merupakan proses penanaman dan perumusan nilai dalam setiap bidang kajian dalam proses pembelajaran. Pertimbangan atas pembahasan terhadap kitab Ayyuha al-Walad dalam pendidikan nilai tentu didasarkan pada pola penalarannya yang jelas dalam setiap gagasan yang diusung untuk para anak didik menjadi begitu tertarik untuk ditelaah lebih dalam. Al-Ghazali sebagai penulis Ayyuha al-Walad memaham1 pendidikan nilai secara terintegratifdalam proses pembelajaran. Pendidikan nilai dalam pemikiran al-Ghazali bukan terletak sebagai objek pembelajaran yang harus dicerna oleh peserta didik melainkan sebagai perwujudan eksistensi peserta didik dalam proses pembelajaran. Artinya, pendidikan nilai bukan untuk dipelajari tetapi pendidikan nilai hams langsung diterapkan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: pendidikan nilai, Al-Ghazali, Ayyuha al Walad.} }