TY - THES N1 - Drs. Nur Munajat, M.Si ID - digilib29230 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29230/ A1 - MUHAMMAD DINI PURWADI MUHAMMAD DINI PURWADI, NIM. 13410089 Y1 - 2017/10/25/ N2 - Latar Belakang penelitian ini adalah masih ada beberapa peserta didik yang prestasi belajarnya dibawah rata-rata. Serta masih banyaknya peserta didik yang kurang memahami materi Akidah Akhlak. Sedangkan kontribusi dari pembelajaran Akidah Akhlak adalah memberi dorongan kepada peserta didik sehingga mereka dapat mengamalkan nilai-nilai keyakinan (tauhid) dan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari hari. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan prestasi belajar dengan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual serta mengetahui hubungannya pada peserta didik kelas XI di MAN 3 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jumlah responden penelitian ini sebanyak 153 peserta didik, dimana pengambilan sampel menggunakan teknik probability random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode skala psikologi dengan model skala Likert. Uji prasyarat analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji linearitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis korelasi product moment, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) Prestasi Belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas XI MAN Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 secara umum sedang, yaitu 76,5%. (2) Kecerdasan Emosional peserta didik kelas XI MAN Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 secara umum sedang, yaitu 77,1%. (3) Kecerdasan Spiritual peserta didik kelas XI MAN Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 secara umum sedang, yaitu 72,5%. (4) Ada hubungan positif dan sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Akidah Akhlak. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar rxy = 0,606 dengan p = 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan semakin tinggi prestasi belajar Akidah Akhlak semakin tinggi juga kecerdasan emosional, begitu pula sebaliknya. (5) Ada hubungan positif dan sangat signifikan antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar Akidah Akhlak. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar rxy = 0,614 dengan p = 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan semakin tinggi prestasi belajar Akidah Akhlak semakin tinggi juga kecerdasan spiritual, begitu pula sebaliknya. (6) Ada hubungan positif dan sangat signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar Akidah Akhlak. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar ry.x1x2 = 0,681 dengan p = 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan semakin tinggi prestasi belajar Akidah Akhlak semakin tinggi juga kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual, begitu pula sebaliknya. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Prestasi Belajar KW - Kecerdasan Emosional KW - Kecerdasan Spiritual M1 - skripsi TI - HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 3 SLEMAN AV - restricted EP - 139 ER -