eprintid: 29230 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/92/30 datestamp: 2018-01-31 07:45:14 lastmod: 2018-01-31 07:45:14 status_changed: 2018-01-31 07:45:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHAMMAD DINI PURWADI MUHAMMAD DINI PURWADI, NIM. 13410089 title: HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 3 SLEMAN ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: jur_pi2 full_text_status: restricted keywords: Prestasi Belajar, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual note: Drs. Nur Munajat, M.Si abstract: Latar Belakang penelitian ini adalah masih ada beberapa peserta didik yang prestasi belajarnya dibawah rata-rata. Serta masih banyaknya peserta didik yang kurang memahami materi Akidah Akhlak. Sedangkan kontribusi dari pembelajaran Akidah Akhlak adalah memberi dorongan kepada peserta didik sehingga mereka dapat mengamalkan nilai-nilai keyakinan (tauhid) dan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari hari. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan prestasi belajar dengan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual serta mengetahui hubungannya pada peserta didik kelas XI di MAN 3 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jumlah responden penelitian ini sebanyak 153 peserta didik, dimana pengambilan sampel menggunakan teknik probability random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode skala psikologi dengan model skala Likert. Uji prasyarat analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji linearitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis korelasi product moment, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) Prestasi Belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas XI MAN Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 secara umum sedang, yaitu 76,5%. (2) Kecerdasan Emosional peserta didik kelas XI MAN Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 secara umum sedang, yaitu 77,1%. (3) Kecerdasan Spiritual peserta didik kelas XI MAN Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 secara umum sedang, yaitu 72,5%. (4) Ada hubungan positif dan sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Akidah Akhlak. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar rxy = 0,606 dengan p = 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan semakin tinggi prestasi belajar Akidah Akhlak semakin tinggi juga kecerdasan emosional, begitu pula sebaliknya. (5) Ada hubungan positif dan sangat signifikan antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar Akidah Akhlak. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar rxy = 0,614 dengan p = 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan semakin tinggi prestasi belajar Akidah Akhlak semakin tinggi juga kecerdasan spiritual, begitu pula sebaliknya. (6) Ada hubungan positif dan sangat signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar Akidah Akhlak. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar ry.x1x2 = 0,681 dengan p = 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan semakin tinggi prestasi belajar Akidah Akhlak semakin tinggi juga kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual, begitu pula sebaliknya. date: 2017-10-25 date_type: published pages: 139 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Tarbiyah dan Pendidikan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MUHAMMAD DINI PURWADI MUHAMMAD DINI PURWADI, NIM. 13410089 (2017) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 3 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29230/1/12410036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29230/2/12410036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf