eprintid: 29244 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/92/44 datestamp: 2018-02-01 06:56:50 lastmod: 2018-02-01 06:56:50 status_changed: 2018-02-01 06:56:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHAMMAD ABDUS SALAM, NIM. 13410016 title: KERJASAMA ANTARA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PROSES INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SISWA MTS NEGERI I YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kerjasama, Bimbingan Konseling, Internalisasi note: Sri Purnami, S.Psi.,MA abstract: Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya perilaku menyimpang yang dilakukan oleh siswa disinyalir sebagai dampak rendahnya internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini pertama bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kerjasama antara guru Pendidikan Agama Islam dengan guru Bimbingan dan Konseling dalam proses internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri I Yogyakarta. Kedua bertujuan untuk menganalisis dampak kerjasama guru Pendidikan Agama Islam dengan guru Bimbingan dan Konseling terhadap internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada siswa di MTs Negeri I Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Negeri I Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah peserta didik, sedangkan informan yaitu guru Pendidikan Agama Islam, guru Bimbingan dan Konseling, Kepala sekolah, dan siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menerapkan pola berpikir induktif. Analisis ini lebih merupakan pembentukan abstraksi berdasarkan bagian-bagian yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bentuk kerjasama antara Guru Pendidikan Agama Islam dengan guru Bimbingan dan Konseling di MTs Negeri I Yogyakarta bersifat formal yaitu kerjasama yang diatur secara resmi oleh madrasah. Dalam prakteknya Guru Bimbingan dan Konseling lebih banyak menggunakan pendekatan psikologis dalam memberikan bimbingan, sedangkan Guru Pendidikana Agama Islam menggunakan pendekatan agama. Nilai-nilai yang diinternalisasikan yaitu nilai Aqidah, nilai Ibadah, serta nilai Akhlak. (2) Pengaruh kerjasama Guru Pendidikan Agama Islam dengan guru Bimbingan dan Konseling yaitu peserta didik mengamalkan nilai Aqidah (melaksanakan Shalat Dzuhur berjamaah), peserta didik mengamalkan nilai Ibadah (membiasakan diri untuk membaca Al-Quran, Shalat Dhuha), peserta didik mengamalkan nilai Akhlak yaitu dengan bersalaman, sopan santun dalam berperilaku, serta saling menghormati date: 2017-12-04 date_type: published pages: 151 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MUHAMMAD ABDUS SALAM, NIM. 13410016 (2017) KERJASAMA ANTARA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PROSES INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SISWA MTS NEGERI I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29244/1/13410016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29244/2/13410016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf