<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA\r\nAKHLAK SISWA TUNALARAS DAN DAMPAKNYA TERHADAP\r\nKECERDASAN EMOSIONAL SISWA TUNALARAS\r\nDI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA"^^ . "Latar belakang penelitian ini adalah bahwa anak tunalaras sebagai anak\r\ndengan gangguan perilaku, emosional dan sosial bukan berarti sama sekali tidak\r\nmemiliki kemampuan untuk merubah sikap. Mereka dapat berubah melalui\r\nbimbingan khusus yang diberikan oleh ahlinya yang dilakukan dengan cara sejak\r\ndini dan secara kontinou. Dalam kenyataannya pembelajaran yang diberikan pada\r\nanak tunalaras tidak dapat disamakan dengan anak pada umumnya. Ada metode\r\nkhusus yang diterapkan untuk membina akhlak siswa tunalaras oleh SLB E\r\nPrayuwana Yogyakarta. Subyek penelitiannya adalah guru PAI, guru kels, guru\r\nekstrakurikuler, guru olahraga, kepala sekolah dan tiga siswa tunalaras. Yang\r\nmenjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembinaan\r\nakhlak untuk siswa tunalaras yang cenderung sulit untuk menstabilkan emosinya,\r\nsejauh mana peranan guru dalam membina akhlak siswa tunalaras serta\r\nbagaimana dampak yang terjadi terhadap kecerdasan emosional siswa tunalaras.\r\nPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang\r\nsejauh mana peranan guru dalam pelaksanaan pembinaan akhlak bagi siswa\r\ntunalaras serta dampak yang terjadi pada kecerdasan emosional siswa tunalaras\r\nsetelah dilakukan pembinaan akhla tersebut.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar\r\nSLB E Prayuwana Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan\r\nobservasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan\r\ndengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari\r\nmakna tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan\r\ndengan mengadakan triangulasi yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan\r\nmetode ganda.\r\nHasil penelitian menunjukan: (1) Pembinaan akhlak bagi siswa tunalaras\r\ndilakukan oleh guru PAI dengan metode keteladanan, metode pembiasaan,\r\nmetode nasehat, metode hukuman dan hadiah. Adapun kegiatan pendukungnya\r\nyaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler, Outbond dan rekreasi. (2) Peran guru PAI\r\nyaitu sebagai sosok teladan, guru PAI mengerti kondisi siswa, guru PAI sebagai\r\norang tua di sekolah, guru PAI menanamkan sikap patuh pada siswa, guru PAI\r\nbekerjasama dengan warga sekolah. Analisis para guru menyatakan bahwa setelah\r\ndilakukan pembinaan akhlak secara kontinou maka dapat memberikan dampak\r\nyang baik pada perubahan sikap siswa dan kemampuan kecerdasan emosional\r\nsiswa. Namun tingkat perubahan yang terjadi pada masing-masing siswa berbeda,\r\nsemua tergantung kepada kondisi emosional dan tingkat ketunalarasan siswa."^^ . "2017-12-07" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM. 13410031"^^ . "LINA OKTIANI AZIZAH"^^ . "NIM. 13410031 LINA OKTIANI AZIZAH"^^ . . . . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA\r\nAKHLAK SISWA TUNALARAS DAN DAMPAKNYA TERHADAP\r\nKECERDASAN EMOSIONAL SISWA TUNALARAS\r\nDI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "13410031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA\r\nAKHLAK SISWA TUNALARAS DAN DAMPAKNYA TERHADAP\r\nKECERDASAN EMOSIONAL SISWA TUNALARAS\r\nDI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA\r\nAKHLAK SISWA TUNALARAS DAN DAMPAKNYA TERHADAP\r\nKECERDASAN EMOSIONAL SISWA TUNALARAS\r\nDI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA\r\nAKHLAK SISWA TUNALARAS DAN DAMPAKNYA TERHADAP\r\nKECERDASAN EMOSIONAL SISWA TUNALARAS\r\nDI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA\r\nAKHLAK SISWA TUNALARAS DAN DAMPAKNYA TERHADAP\r\nKECERDASAN EMOSIONAL SISWA TUNALARAS\r\nDI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA\r\nAKHLAK SISWA TUNALARAS DAN DAMPAKNYA TERHADAP\r\nKECERDASAN EMOSIONAL SISWA TUNALARAS\r\nDI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA\r\nAKHLAK SISWA TUNALARAS DAN DAMPAKNYA TERHADAP\r\nKECERDASAN EMOSIONAL SISWA TUNALARAS\r\nDI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA\r\nAKHLAK SISWA TUNALARAS DAN DAMPAKNYA TERHADAP\r\nKECERDASAN EMOSIONAL SISWA TUNALARAS\r\nDI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA\r\nAKHLAK SISWA TUNALARAS DAN DAMPAKNYA TERHADAP\r\nKECERDASAN EMOSIONAL SISWA TUNALARAS\r\nDI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA\r\nAKHLAK SISWA TUNALARAS DAN DAMPAKNYA TERHADAP\r\nKECERDASAN EMOSIONAL SISWA TUNALARAS\r\nDI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #29255 \n\nPERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA \nAKHLAK SISWA TUNALARAS DAN DAMPAKNYA TERHADAP \nKECERDASAN EMOSIONAL SISWA TUNALARAS \nDI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .