@phdthesis{digilib29257, month = {October}, title = {KONSEP KEPEMIMPINAN AHMAD DAHLAN PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM. 13410035 DINI FAUZIYATI}, year = {2017}, note = {Dr. H. Tasman Hamami, M.A.}, keywords = {Konsep Kepemimpinan, Ahmad Dahlan, Pendidikan Agama Islam (PAI}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29257/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep kepemimpinan Ahmad Dahlan dan menjelaskan karakteristik kepemimpinan Ahmad Dahlan perspektif Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research yang menggunakan teknik pengumpulan data, dokumentasi. Yaitu dengan mengumpulkan data primer dan sekunder dalam bentuk lampiran pidato Ahmad Dahlan dan buku-buku yang mendukung penelitian. Analisis dan pendekatan yang peneliti gunakan yakni history-filosofi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Dalam sebuah pidato Ahmad Dahlan berpesan yang dipublikasikan oleh HB. Muhammadiyah Majlis Taman Pustaka 1923, terdapat 5 konsep kepemimpinan, yaitu; a. Kesatuan Hidup Manusia, b. Jalan Menuju Persatuan Umat, c. Jalan Mencapai Maksud dan Tujuan Manusia, d. Kebutuhan yang Utama bagi Manusia dan e. Berakal Pintar. Kepemimpinan dalam perspektif Pendidikan Agama Islam itu tidak hanya terletak pada cover semata tetapi pada substansi dengan terimplementasinya sifat-sifat Rosululloh sebagai suri teladan yang baik. Dengan memiliki karakteristik kepemimpinan; {\d S}iddiq (kredibilitas), Amanah (akuntabilitas), Tablig (transparan) dan Fa{\d t}onah (cerdas, arif dan berpendidikan).} }