<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSTRUK KELUARGA DALAM NAHWA TAFSĪR MAUDHŪ’Ī LI\r\nSUWAR AL-QUR’ÂN AL-KARĪM KARYA MUHAMMAD AL-GAZÂLĪ\r\n(STUDI EPISTEMOLOGI DAN GENDER)"^^ . "Diskriminasi dan ketidakadilan perempuan, terutama di ranah keluarga sudah lama\r\nmenjangkiti umat manusia, sampai datangnya Islam yang dibawa oleh Muhammad SAW.\r\nMunculnya Islam dengan kitab sucinya bertujuan untuk menghapus ketidakadilan dan\r\ndiskriminasi terhadap kaum yang dianggap lemah dalam keluarga. Al-Qur‟an\r\nmemandang bahwa semua manusia, baik laki-laki atau perempuan, mempunyai derajat\r\nyang sama dihadapan Allah. Begitu pula yang ditafsirkan oleh Nabi Muhammad SAW.\r\nSetelah wafatnya Nabi Muhammad wafat, mengakibatkan banyaknya mufassir-mufassir\r\nyang cenderung mengabaikan posisi dan hak-hak perempuan secara khusus bahkan\r\ncenderung pula kepada penafsiran yang tekstual, sehingga terlihat jelas perempuan\r\ntersisihkan dan terabaikan dalam pembagian sektor. Mufassir-mufassir kontemporer\r\ndiantaranya adalah, al-Syaikh Muhammad al-Gazali, mencoba mengarahkan pemahaman\r\nmasyarakat muslim tekait dengan posisi laki-laki dan perempuan dalam keluarga\r\nsebagaimana yang dituangkan dalam tafsirnya “Nahwa Tafsīr maudhūi Li Suwar al-\r\nQur’ān al-Karīm”.\r\nPenelitian penulis ini merupakan murni penelitian pustaka, pengumpulan data yang\r\ndilakukan melalui penelusuran terhadap sumber-sumber yang terkai dengan pembahasan\r\npenelitian seperti pembahasan keluarga, gender dan begitujuga dengan epistemmologi.\r\nDalam penelitian ini menganalisis kitab Nahwa Tafsīr Maudhūi Li Suwar al-Qur’ān al-\r\nKarīm sebagai sumber primer atau objek dari penelitian, sedangkan data-data sekunder\r\ndiambil dari buku-buku, jurnal, dan tulisan lainnya, dengan menngunakan metode\r\ndeskriptif dan analisis. Kemudian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah\r\nfilosofis dan gender serta menjadikan teori gender dan epistemologi sebagai alat analisis\r\ndalam penelitian.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa menurut Muhammad al-Gazali kebebasan dan hakhak\r\nperempuan ditutupi oleh penafsiran-penafsiran yang tekstual dan klasik, dalam ranah\r\nkeluarga dan publik. Ia menyodorkan berbagai macam bentuk kesetaraan perempuan dan\r\nlaki-laki sesusai dengan al-Qur‟an, hadist, dan peraktik-praktik para sahabat Nabi. Dari\r\nsekian banyak keterpurukan dan keterkekangan perempuan di ranah keluarga secara\r\nkhusus, berhasil didobrak oleh Muhammad al-Gazali melalui solusi yang ia tawarkan\r\ndalam tafsirnya. Diantaranya adalah konsep dan konstruk laki-laki dan perempuan dalam\r\nkeluarga, kepemimpinan dalam keluarga, hak-hak dalam pernikahan seperti talak dan\r\npoligami. Dari semua permasalahan-permasalahan tersebut telah banyak diperdebatkan\r\noleh serjana dan mufassir Muslim, akan tetapi dalam penafsiran al-Gazali, ia mampu\r\nmenyatarakan hak-hak dari masing-masing individu tanpa ada yang dideskriminasikan.\r\nSedangkan secara epistem bahwa tafsir al-Gazali menggunakan rasio dan empiris sebagai\r\nsumber pengetahuannya, dimana rasio tersebut selalu berbarengan dengan wahyu, begitu\r\njuga dengan emperis. Adapun terkait dengan metode yang digunakannya adalah metode\r\nmaudhu‟i surah yang berbentuk deskriftif analisis, kemudian dari segi validitas, penulis\r\nmelihat bahwa tafsir tersebut lebih condong kepada teori korespondensi dan paragmatis"^^ . "2017-11-03" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1520510009"^^ . "MUJAHIDIN"^^ . "NIM. 1520510009 MUJAHIDIN"^^ . . . . . . "KONSTRUK KELUARGA DALAM NAHWA TAFSĪR MAUDHŪ’Ī LI\r\nSUWAR AL-QUR’ÂN AL-KARĪM KARYA MUHAMMAD AL-GAZÂLĪ\r\n(STUDI EPISTEMOLOGI DAN GENDER) (Text)"^^ . . . . . "1520510009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSTRUK KELUARGA DALAM NAHWA TAFSĪR MAUDHŪ’Ī LI\r\nSUWAR AL-QUR’ÂN AL-KARĪM KARYA MUHAMMAD AL-GAZÂLĪ\r\n(STUDI EPISTEMOLOGI DAN GENDER) (Text)"^^ . . . . . "KONSTRUK KELUARGA DALAM NAHWA TAFSĪR MAUDHŪ’Ī LI\r\nSUWAR AL-QUR’ÂN AL-KARĪM KARYA MUHAMMAD AL-GAZÂLĪ\r\n(STUDI EPISTEMOLOGI DAN GENDER) (Other)"^^ . . . . . . "KONSTRUK KELUARGA DALAM NAHWA TAFSĪR MAUDHŪ’Ī LI\r\nSUWAR AL-QUR’ÂN AL-KARĪM KARYA MUHAMMAD AL-GAZÂLĪ\r\n(STUDI EPISTEMOLOGI DAN GENDER) (Other)"^^ . . . . . . "KONSTRUK KELUARGA DALAM NAHWA TAFSĪR MAUDHŪ’Ī LI\r\nSUWAR AL-QUR’ÂN AL-KARĪM KARYA MUHAMMAD AL-GAZÂLĪ\r\n(STUDI EPISTEMOLOGI DAN GENDER) (Other)"^^ . . . . . . "KONSTRUK KELUARGA DALAM NAHWA TAFSĪR MAUDHŪ’Ī LI\r\nSUWAR AL-QUR’ÂN AL-KARĪM KARYA MUHAMMAD AL-GAZÂLĪ\r\n(STUDI EPISTEMOLOGI DAN GENDER) (Other)"^^ . . . . . . "KONSTRUK KELUARGA DALAM NAHWA TAFSĪR MAUDHŪ’Ī LI\r\nSUWAR AL-QUR’ÂN AL-KARĪM KARYA MUHAMMAD AL-GAZÂLĪ\r\n(STUDI EPISTEMOLOGI DAN GENDER) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSTRUK KELUARGA DALAM NAHWA TAFSĪR MAUDHŪ’Ī LI\r\nSUWAR AL-QUR’ÂN AL-KARĪM KARYA MUHAMMAD AL-GAZÂLĪ\r\n(STUDI EPISTEMOLOGI DAN GENDER) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSTRUK KELUARGA DALAM NAHWA TAFSĪR MAUDHŪ’Ī LI\r\nSUWAR AL-QUR’ÂN AL-KARĪM KARYA MUHAMMAD AL-GAZÂLĪ\r\n(STUDI EPISTEMOLOGI DAN GENDER) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSTRUK KELUARGA DALAM NAHWA TAFSĪR MAUDHŪ’Ī LI\r\nSUWAR AL-QUR’ÂN AL-KARĪM KARYA MUHAMMAD AL-GAZÂLĪ\r\n(STUDI EPISTEMOLOGI DAN GENDER) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #29267 \n\nKONSTRUK KELUARGA DALAM NAHWA TAFSĪR MAUDHŪ’Ī LI \nSUWAR AL-QUR’ÂN AL-KARĪM KARYA MUHAMMAD AL-GAZÂLĪ \n(STUDI EPISTEMOLOGI DAN GENDER)\n\n" . "text/html" . . . "Aqidah Filsafat"@en . .