eprintid: 29269 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/92/69 datestamp: 2018-02-05 03:27:12 lastmod: 2018-02-05 03:27:12 status_changed: 2018-02-05 03:27:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: TINTON DWI SANTOSO, NIM. 13410077 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE MATERI ASMAUL HUSNA PADA SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI 1 BANTUL SKRIPSI ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: pengembangan media, lectora inspire, asmaul husna note: Drs. Mochammad Fuad, M.Pd. abstract: Latar belakang penelitian ini adalah kemajuan teknologi informasi dalam dunia pendidikan yang mendorong profesionalisme guru PAI dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, salah satunya dengan menggunakan media pemebalajaran berbasis komputer. Lectora Inspire sebagai salah satu hasil perkembangan teknologi pendidikan dapat digunakan untuk mengembangkan materi pembelajaran dengan konsep edutainment dengan melibatkan konten multimedia (suara, gambar, dan video) serta dapat dipelajari secara mandiri oleh siswa dengan bantuan komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire materi Asmaul Husna pada siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Bantul dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire materi Asmaul Husna pada siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Bantul Metode penelitian menggunakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model penelitian ADDIE, yaitu lima tahap pengembangan, antara lain (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Pengembangan produk menggunakan Software Lectora Inspire. Data produk berupa data kualitatif yang didapat dari saran dan masukan ahli media, ahli materi dan siswa, dan juga berupa data kuantitatif yang berasal dari penilaian ahli media, ahli materi dan siswa. Data dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) Proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire materi Asmaul Husna, menggunakan model ADDIE yang didalamnya terdapat lima tahap pengembangan yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Uji Coba), dan Evaluation (Evaluasi). Dihasilkan media pembelajaran Asmaul Husna berbasis aplikasi Lectora Inspire. (2) Kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire materi Asmaul Husna adalah sebagai berikut: penilaian dari ahli media, mendapatkan rerata skor keseluruhan sebesar 3,02 dengan kategori layak, penilaian ahli materi, mendapatkan rerata skor keseluruhan sebesar 3,41 dengan kategori sangat layak, penilaian uji coba pemakaian I (skala kecil) mendapatkan rerata skor keseluruhan sebesar 3,61 dengan kategori sangat layak, dan penilaian uji coba pemakaian II (skala besar) mendapatkan rerata skor sebesar 3,59 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire materi Asmaul Husna di MTs Negeri 1 Bantul, sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. date: 2017-10-06 date_type: published pages: 250 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: TINTON DWI SANTOSO, NIM. 13410077 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE MATERI ASMAUL HUSNA PADA SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI 1 BANTUL SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29269/1/13410077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29269/2/13410077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf