<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Keilmuan dalam Islam Sejarah dan Masa Depan"^^ . "Salah satu faktor munculnya krisis peradaban\r\nmanusia di dunia Timur dan Barat pada abad kelima\r\nmasehi adalah mandegnya gerak dinamika dan kreatifitas\r\npengetahuan man usia. 1 Islam lahir di tengah krisis\r\nperadaban man usia. Untuk itu Islam lahir untuk mengatasia\r\nkrisis peradaban umat manusia dengan melakukan gerak\r\ncepat dan kreatifitas dalam mengembangkan kemampunan\r\nmanusia untuk dapat membaca (qira'ah), bernalar\r\n(ta'aqqul), menjelaskan (al-bayan), mempelajari (tafaqqaha)2• berefleksi (tafakkur).3 Dengan pengetahuan,\r\nIslam mampu memimpin gerak maju peradaban yang\r\nrahmatan li al-'aiamin. Namun demikian perlu dipahami\r\nbahwa pengetahuan tidak serta merta menjadi agen tunggal\r\npembentuk peradaban, pengetahuan hanya salah satu\r\ndimensi utama penopang lahir dan berkembangnya\r\nperadaban Islam sampai di tittik puncaknya.\r\nUpaya-upaya yang diperankan oleh ilmu\r\npengetahuan dalam mewujudkan puncak perdaban Islam\r\nmerupakan salah satu ikhtiar umat Islam untuk\r\nmembangun peradaban Islam ke depan, karena hanya\r\ndengan mempelajari sejarahnya manusia dapat\r\nmembangun masa depannya. Oleh karena itu, peran\r\npengetahuan dalam membangun peradaban Islam perlu\r\nditelisik ulang guna menghindari kesalahan-kesalahan\r\ndalam pemahaman. Karena kesalahan-kesalahan yang\r\ndemikian itu akan memunculkan persepsi tentang gagasangagasan\r\npengetahuan untuk masa depan yang keliru.\r\nMeskipun demikian perlu dipahami bahwa peran\r\npengetahuan dalam membangun peradaban Islam harus\r\ndiposisikan secara proporsional. Artinya, makna atas peran\r\npengetahuan dalam membangun peradaban Islam hanya\r\nsebatas sebuah pemahaman yang terwakili di dalamnya\r\ntidak lebih. Dengan demikian, usaha-usaha lain yang lebih\r\nkomprehensif tentu tetap perlu dilakukan.\r\nUntuk memahami peran pengetahuan dalam\r\nmewujudkan peradaban Islam, langkah awal yang perlu dilakukan adalah membedakan antara sebaran-sebaran\r\npengetahuan yang tumbuh secara alami dalam proses\r\nberkembangnya peradaban Islam dan membedakan\r\nsebaran-sebaran pemahaman tentang pengetahuan yang\r\ntumbuh dari peran dan kekuatan naq[.4 Pengetahuan yang\r\nberkembang secara alami di dunia Islam cenderung bersifat\r\ninduktif, sementara pengetahuan yang berkembang dari.\r\nrumusan-rumusan naqliyah cenderung bersifat deduktif.\r\nKedua pola tersebut tidak berjalan secara estafet dan\r\nmenempati ruangnya masing-masing secara dikotomis.\r\nKedua pola tersebut silih berganti saling mengisi dan\r\nmembantuk proses dinamika pengetahuan dalam Islam di\r\nperjalanan sejarahnya.\r\nDalam hal usaha-usaha rekonstruksi (pengembangan\r\ndan pembidangan) keilmuan yang berbasis integratifinterkonektif,\r\nsebagaimana yang telah digagas oleh institusi\r\nUIN selama beberapa tahun belakangan ini, pemahaman\r\natas jejak dan sebaran dua pola keilmuan di atas perlu\r\ndiperhatikan. Tanpa pemahaman yang mendalam atas\r\ngerak sejarah dinamika keilmuan dalam Islam, usaha-usaha\r\nrekonstruksi keilmuan yang sedang dilakukan oleh UIN\r\nhanya akan menghasilkan rumusan konstruksi keilmuan\r\nyang rapuh karena tidak didasari oleh kekuatan fondasi dan\r\nsejarah pemahaman atas struktur pengetahuan itu sendiri.\r\nUsaha rekonstruksi keilmuan dengan memahami\r\nranah sejarah keilmuan Islam merupakan salah satu dimensi. Dimensi-dimensi lain yang menyangkut rumusan\r\natau tepatnya paradigma, konsep, dan refleksi-refleksi\r\nkeilmuan yang diusung dalam proses rekonstruksi\r\nkeilmuan di UIN hendaknya ditelaah terlebih dahulu\r\ndalam perspektif kefilsafatan. Dimensi filosofis ini menjadi\r\nbagian penting dari diskursus rekonstruksi keilmuan di\r\nUIN karena kajian tentang keilmuan tidak semata\r\npersoalan faktual tetapi juga menyangkut persoalan\r\nmetafisika. Hal-hal faktual secara sederhana dapat\r\ndicontohkan dari kasus pembidangan ilmu-ilmu\r\nhumaniora dan ilmu-ilmu alam berikut kecenderungan di\r\nkalangan masyarakat untuk memilih salah satu bidang\r\ntersebut. Sementara persoalan metafisika meliputi konsep\r\nilmu humaniora berikut batasan-batasan, dan implikasinya\r\nbagi kemanusiaan secara umum.\r\nPada sisi lain peran dan posisi masyarakat juga perlu\r\ndipahami lebih serius lagi. Pola dinamika yang begitu cair\r\ndalam menentukan pilihan-pilihan dan kriteria-kriteria\r\ntentang keilmuan yang menurut mereka penting dan\r\nprospektif menunjukkan adanya berbagai faktor yang\r\nmelatari munculnya pola-pola pilihan dan lahimya kriteriakriteria\r\ntersebut. Artinya persepsi masyarakat yang dinamis\r\nperlu dijadikan sebagai bagian dari pertimbangan bagi\r\nparadigma keilmuan yang diusung oleh UIN. Di sisi lain,\r\nbagi UIN sendiri, faktor-faktor yang melatari pola-pola\r\npilihan masyarakat juga hendaknya diketahui secara lebih\r\ndini sehingga paradigma-paradigma keilmuan yang\r\ndiusung oleh UIN telah melalui pertimbangan yang rna tang.\r\nYang jelas dalam proses rekonstruksi keilmuan di\r\nUIN, dimensi historis, dimensi filosofis, dan dimensi sosial\r\nmemiliki nuansa yang sama dominannya. Untuk itu, ketiga ranah di atas hendaknya menjadi spirit, mainstream, basis\r\natau dasar pijak bagi proses rekonstruksi keilmuan di UIN."^^ . "2009-08-02" . . . . "Jurusan Tafsir Hadis Fakultas Ushuludin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . "Jurusan Tafsir Hadis Fakultas Ushuludin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . "."^^ . "Zuhri"^^ . ". Zuhri"^^ . . . . . . "Keilmuan dalam Islam Sejarah dan Masa Depan (Image)"^^ . . . . "Halaman Judul - Keilmuan dalam Islam Sejarah dan masa depan.jpg"^^ . . . "Keilmuan dalam Islam Sejarah dan Masa Depan (Text)"^^ . . . . . "Zuhri - Keilmuan dalam Islam Sejarah dan masa depan.pdf"^^ . . . "Keilmuan dalam Islam Sejarah dan Masa Depan (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Keilmuan dalam Islam Sejarah dan Masa Depan (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Keilmuan dalam Islam Sejarah dan Masa Depan (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Keilmuan dalam Islam Sejarah dan Masa Depan (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "Keilmuan dalam Islam Sejarah dan Masa Depan (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Keilmuan dalam Islam Sejarah dan Masa Depan (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Keilmuan dalam Islam Sejarah dan Masa Depan (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Keilmuan dalam Islam Sejarah dan Masa Depan (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #29297 \n\nKeilmuan dalam Islam Sejarah dan Masa Depan\n\n" . "text/html" . . . "Studi Islam" . . . "Ilmu Agama Islam" . .