TY - THES N1 - Dian Noviar, S. Pd., M. Pd. Si ID - digilib29322 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29322/ A1 - Dwiandana Ayyusuffa Cahya Putra, NIM. 11680027 Y1 - 2017/11/27/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas Education Game berbasis android pada materi virus untuk siswa kelas X SMA/MA. Penelitian ini termasuk Research and Development (R&D) dengan model ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket. Produk education game dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 1 ahli IT, 5 peer reviewer, 1 guru biologi dan 15 siswa kelas X SMA Kolombo Yogyakarta. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk education game berdasarkan penilaian keseluruhan reviewer dan respon siswa memiliki kualitas baik dengan persentase sebesar 78,19% dan 81,06%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk Education Game Berbasis Android pada Materi Virus berkualitas baik sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi. Kata Kunci : Education game, Android, Virus, Media Pembelajaran. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Education game KW - Android KW - Virus KW - Media Pembelajaran M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCATION GAME BERBASIS ANDROID PADA MATERI VIRUS UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA AV - restricted EP - 158 ER -