@phdthesis{digilib29324, month = {August}, title = {ATLAS KEANEKARAGAMAN KUPU-KUPU DI KAWASAN SUNGAI OYO SEGMEN DESA BLEBERAN, PLAYEN, GUNUNGKIDUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM. 11680046 Dis Setia Eka Putra}, year = {2017}, note = {Eka Sulistiyowati, M.A., M.IWM}, keywords = {Sungai Oyo, Keanekaragaman Kupu-kupu, Atlas, Potensi Lokal}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29324/}, abstract = {Sungai Oyo memiliki potensi lokal yang belum dimanfaatkan dalam pembelajaran. Salah satu potensi lokal Sungai Oyo adalah kupu-kupu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman kupu-kupu Sungai Oyo, mengetahui pengemasan keanekaragaman kupu-kupu Sungai Oyo dalam bentuk atlas, dan mengetahui kelayakan atlas kupu-kupu yang dikembangkan. Penelitian dilakukan dalam dua tahap, yaitu penelitian keanekaragaman kupu-kupu di Sungai Oyo dan anak sungainya yaitu Sungai Kedungpoh serta penelitian pengembangan R\&D (Research and Development). Dalam penelitian keanekaragaman kupu-kupu di Sungai Oyo dan Sungai Kedungpoh didapatkan 41 jenis kupu-kupu dari 5 famili yaitu Papilionidae, Nymphalidae, Pieridae, Lycaenidae dan Hesperiidae. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan dibatasi ADDE, tanpa implementasi. Produk yang telah dikembangkan dinilai oleh ahli materi, media, guru biologi dan 15 siswa kelas X SMA N 1 Playen Gunungkidul. Berdasarkan nilai indeks keanekaragaman Shannon-Wiener (H?) tingkat keanekaragaman kupu-kupu di Sungai Oyo sebesar H?=2,07 termasuk kategori sedang dan di Sungai Kedungpoh sebesar H?=3,02 termasuk kategori tinggi. Hasil penelitian keanekaragaman kupu-kupu Sungai Oyo selanjutnya dikembangkan menjadi penelitian pengembangan. Adapun produk yang dihasilkan adalah atlas kupu-kupu. Hasil penilaian terhadap atlas kupu-kupu Sungai Oyo menurut ahli materi 94,12\% (Sangat Baik), ahli media 98,46\% (Sangat Baik), peer reviewer 95,55\% (Sangat Baik), guru 92,94\% (Sangat Baik), dan respon siswa 87,03\% (Sangat Setuju). Berdasarkan penilaian tersebut, atlas yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa SMA/MA. Kata kunci: Sungai Oyo, Keanekaragaman Kupu-kupu, Atlas, Potensi Lokal} }