eprintid: 29329 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/93/29 datestamp: 2018-02-12 07:44:30 lastmod: 2018-02-12 07:44:30 status_changed: 2018-02-12 07:44:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ahmad Zulmi Awalia R, NIM. 13680002 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP SIKAP KREATIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: met_pemb divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Problem Based Learning, Sikap Kreativitas, Hasil Belajar, Ekosistem note: Runtut Prih Utami, M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap sikap kreativitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada materi pokok ekosistem. Penelitian ini adalah jenis penelitian True Experimental Design dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas X yang terdiri dari 7 kelas. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas yaitu kelas XE sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran direct instruction dan kelas XA sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem based learning. Sampel kelas diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengambilan data sikap kreativitas siswa menggunakan angket dan data hasil belajar siswa menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U-Test dan Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap sikap kreativitas siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji statistik Mann Whitney U-Test, dengan nilai sig sebesar 0,029 < 0,05, 2) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji statistik Mann Whitney U-Test pada nilai posttest siswa dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. Kata kunci: Problem Based Learning, Sikap Kreativitas, Hasil Belajar, Ekosistem. date: 2017-09-14 date_type: published pages: 173 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ahmad Zulmi Awalia R, NIM. 13680002 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP SIKAP KREATIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29329/1/13680002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29329/2/13680002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf