%0 Thesis %9 Skripsi %A Sulich Tiyani Wulandari, NIM. 13680006 %B Fakultas Sains dan Teknologi %D 2017 %F digilib:29331 %I UIN Sunan Kalijaga %K Model CORE, Metode Mind Map, Sistem Reproduksi Manusia, Hasil Belajar %P 239 %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) DISERTAI METODE MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29331/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) disertai metode Mind Map terhadap hasil belajar biologi pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 5 Yogyakarta T.A 2016/2017. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent control grup design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Yogyakarta. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dan simple random sampling yaitu kelas XI IPA 4 (kelas ekserimen) dan XI IPA 1 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Teknik analisis data hasil belajar biologi pada ranah kognitif siswa menggunakan uji One Way Anova. Sementara itu, analisis hasil belajar biologi pada ranah afektif dan psikomotorik siswa menggunakan uji Mann Whitney U. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) disertai metode Mind Map berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar biologi ranah kognitif siswa dibuktikan dengan nilai p-value sebesar 0,00 < 0,05. (2) Model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) disertai metode Mind Map tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar biologi ranah afektif siswa dibuktikan dengan nilai p-value 0,98 > 0,05. (3) Model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) disertai metode Mind Map berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar biologi ranah psikomotorik siswa dibuktikan dengan nilai p-value sebesar 0,00 < 0,05. Kata kunci: Model CORE, Metode Mind Map, Sistem Reproduksi Manusia, Hasil Belajar %Z Dian Noviar, S.Pd., M.Pd.Si