relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29337/ title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DISERTAI VIDEO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA creator: Mahfirah Ekasari, NIM. 13680030 subject: Metode Pembelajaran description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative script disertai video terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa pada materi sistem peredaran darah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment dengan desain randomized pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 3 kelas yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Data yang digunakan yaitu data N-Gain. Analisis data menggunakan uji Kruskall Wallis untuk motivasi belajar siswa dan uji One Way of Variance untuk hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative script disertai video terhadap motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Kruskall Wallis menunjukan asymp. sig. sebesar 0,047 < 0,05; 2) terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative script disertai video terhadap hasil belajar kognitif siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji One Way Anova of Variance untuk posttest siswa penunjukan nilai asymp. sig. sebesar 0,027 < 0,05. Berdasarkan uji lanjut Tukey hasil belajar aspek kognitif menunjukkan bahwa kelas eksperimen 2 mempunyai perbedaan yang signifikan terhadap kelas kontrol. Kata kunci: Cooperative Script, Video, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Sistem Peredaran Darah date: 2017-11-24 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29337/1/13680030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29337/2/13680030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Mahfirah Ekasari, NIM. 13680030 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DISERTAI VIDEO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.