TY - THES N1 - Sulistyawati, M.Si ID - digilib29337 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29337/ A1 - Mahfirah Ekasari, NIM. 13680030 Y1 - 2017/11/24/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative script disertai video terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa pada materi sistem peredaran darah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment dengan desain randomized pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 3 kelas yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Data yang digunakan yaitu data N-Gain. Analisis data menggunakan uji Kruskall Wallis untuk motivasi belajar siswa dan uji One Way of Variance untuk hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative script disertai video terhadap motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Kruskall Wallis menunjukan asymp. sig. sebesar 0,047 < 0,05; 2) terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative script disertai video terhadap hasil belajar kognitif siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji One Way Anova of Variance untuk posttest siswa penunjukan nilai asymp. sig. sebesar 0,027 < 0,05. Berdasarkan uji lanjut Tukey hasil belajar aspek kognitif menunjukkan bahwa kelas eksperimen 2 mempunyai perbedaan yang signifikan terhadap kelas kontrol. Kata kunci: Cooperative Script, Video, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Sistem Peredaran Darah PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Cooperative Script KW - Video KW - Motivasi Belajar KW - Hasil Belajar KW - Sistem Peredaran Darah M1 - skripsi TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DISERTAI VIDEO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA AV - restricted EP - 186 ER -