TY - THES N1 - Runtut Prih Utami, M.Pd ID - digilib29338 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29338/ A1 - Vitki Febrianto, NIM. 13680033 Y1 - 2017/10/26/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini termasuk jenis penelitian true experiment dengan desain randomized pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X IPA yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik sampling jenuh dengan hasil kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes (pretest dan posttest), dan angket. Analisis data menggunakan uji mann-whitney untuk motivasi belajar siswa dan hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji mann-whitney menunjukan asymp. sig. sebesar 0,022 < 0,05, 2) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar kognitif siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji mann-whitney untuk posttest siswa penunjukan nilai asymp. sig. sebesar 0,023 < 0,05. Kata kunci: Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Ekosistem PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Problem Based Learning KW - Motivasi Belajar KW - Hasil Belajar KW - Ekosistem M1 - skripsi TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN 4 BANTUL AV - restricted EP - 211 ER -