eprintid: 29338 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/93/38 datestamp: 2018-02-07 13:47:29 lastmod: 2018-02-07 13:47:29 status_changed: 2018-02-07 13:47:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Vitki Febrianto, NIM. 13680033 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN 4 BANTUL ispublished: pub subjects: met_pemb divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Ekosistem note: Runtut Prih Utami, M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini termasuk jenis penelitian true experiment dengan desain randomized pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X IPA yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik sampling jenuh dengan hasil kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes (pretest dan posttest), dan angket. Analisis data menggunakan uji mann-whitney untuk motivasi belajar siswa dan hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji mann-whitney menunjukan asymp. sig. sebesar 0,022 < 0,05, 2) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar kognitif siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji mann-whitney untuk posttest siswa penunjukan nilai asymp. sig. sebesar 0,023 < 0,05. Kata kunci: Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Ekosistem date: 2017-10-26 date_type: published pages: 211 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Vitki Febrianto, NIM. 13680033 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN 4 BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29338/1/13680033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29338/2/13680033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf