%A NIM. 13680042 Mizanul Arifin %O Runtut Prih Utami, M.Pd %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPA MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap aktivitas belajar siswa 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian True Experiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu, kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes (pretest dan posttest). Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney untuk aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap aktivitas belajar siswa, hal ini dibuktikan dari hasil uji Mann-Whitney menunjukan nilai sig. sebesar 0,018 yang berarti nilai sig. < 0,05 2) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney menunjukan nilai sig. sebesar 0,780 yang berarti nilai sig. < 0,05 . Kata kunci: Aktivitas, Hasil belajar, Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation %K Aktivitas, Hasil belajar, Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation %D 2017 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib29342