%A NIM. 13680044 Hikmah Supriyati %O 1. Sulistiyawati S.Pd.I., M.Si 2. Muhamad Ja’far Lutfi, M.Si., Ph.D %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PREPARAT HISTOLOGI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana struktur histologi testis dan ovarium marmut (Cavia cobaya), serta mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan preparat histologi terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian Quasi Eksperimen dengan desain kelompok kontrol non ekuivalen. Pemilihan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dan menggunakan tiga kelas, yaitu kelas eksperimen I yang diberikan perlakuan dengan model Think Pair Share (TPS) dengan preparat histologi, kelas eksperimen II dengan model Think Pair Share (TPS) dan kelas kontrol dengan model Direct Instruction (DI). Instrumen pengambilan data menggunakan data tes pilihan ganda (pretest dan posttest) dan tes esay dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk gambaran preparat histologi dan uji statistik Anova satu jalur (one way anova) serta uji Tukey sebagai uji lanjutan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa 1) struktur histologi testis marmut (Cavia cobaya) terdiri dari spermatogonium, spermatosit primer, spermatosit sekunder, spermatid, sperma, sel Sertoli dan sel Leydig. Sedangkan struktur histologi ovarium marmut (Cavia cobaya) terdiri dari folikel primordia, folikel primer, folikel sekunder, folikel tersier, folikel atresia, korteks dan medula.2) Berdasarkan uji statistik Anova satu jalur didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05 , sehingga penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan preparat histologi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. 2) Berdasarkan uji statistik Anava satu jalur didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05 , sehingga penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan preparat histologi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), preparat histologi, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar. %K Think Pair Share (TPS), preparat histologi, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar %D 2017 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib29345