%A NIM. 13680045 Nabela Fikriyya %O Sulistiyawati, M.Si %T PENGEMBANGAN AWETAN DAN PANDUAN PRAKTIKUM INVERTEBRATA SEBAGAI SUMBER BELAJAR %X Ketersedian sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan praktikum dapat mendukung proses pembelajaran berjalan secara efektif dan efeisen. Salah satunya adalah ketersediaan awetan dan panduan praktikum yang mana keduanya masih menjadi kendala di beberapa sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan awetan dan panduan praktikum invertebrata sebagai sumber belajar serta mengetahui kualitas produk yang dihasilkan. Penelitian pertama berupa pengambilan sampel, foto dan identifikasi yang dilakukan di Pantai Krakal. Penelitian ini menghasilkan 50 jenis dari 7 kelas invertebrata. Hasil penelitian dikembangkan menjadi awetan basah dan awetan kering. Penelitian ini juga mengembangkan panduan praktikum yang terdiri dari dua bagian yakni panduan praktikum untuk siswa dan untuk guru. Produk dinilai dan divalidasi oleh 1 ahli materi, 1 ahli media dan 5 peer reviewer. Instrumen penilaian produk dan respon siswa berupa lembar angket yang terdiri aspek materi, aspek penyajian panduan praktikum, aspek penyajian awetan, aspek penilaian autentik dan aspek bahasa. Uji coba terbatas dilakukan oleh 2 guru biologi dan 10 siswa MAN 2 Sleman dan MAN 4 Bantul. Kualitas awetan dan panduan praktikum menurut para ahli, peer reviewer¸ guru dan siswa masing-masing mendapatkan persentase berturut-turut 89,18%, 88,53%, 88,75% dan 84,63%. Kategori kualitas produk secara keseluruhan adalah sangat baik (SB) dengan persentase sebesar 88,17%. Kata Kunci: Awetan, Invertebrata, Sumber Belajar, Panduan praktikum %K Awetan, Invertebrata, Sumber Belajar, Panduan praktikum %D 2017 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib29346