@phdthesis{digilib29347, month = {October}, title = {Booklet Identifikasi Mamalia di Kebun Binatang dan Lokasi Sekitar Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM. 13680047 Tiara Sabinta Ulli Zuniar}, year = {2017}, note = {Sulistiyawati, S.Pd.I., M.Si}, keywords = {Booklet, Identifikasi, Mamalia, Sumber Belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29347/}, abstract = {Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan data identifikasi mamalia diberbagai lokasi penelitian (2) Menghasilkan booklet identifikasi mamalia sebagai sumber belajar mandiri siswa kelas VII SMP/Mts. (3) Mengetahui kelayakan booklet identifikasi mamalia yang dikembangkan sebagai sumber belajar mandiri siswa kelas VII SMP/Mts. Penelitian ini diawali dengan mengambil gambar dan identifikasi mamalia, hasil penelitian awal mendapatkan 11 ordo, 29 family, 36 genus dan 45 spesies. Hasil penelitian dikembangkan menjadi booklet yang berisi tentang materi klasifikasi makhluk hidup, kunci determinasi sederhana, cara mencari ciri-ciri mamalia berdasarkan kunci determinasi tersebut serta hasil identifikasi mamalia dari tempat penelitian. Uji produk booklet ini dinilai oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, 5 peer reviewer, 2 guru IPA dan 15 siswa kelas VII SMP. Hasil keseluruhan penilaian terhadap booklet identifikasi mamalia berbasis potensi lokal menunjukan persentase penilaian sebesar 79,24\% yang termasuk dalam kualitas Baik (B), sedangkan respon siswa mendapatkan persentase penilaian sebesar 92\% dengan kualitas Sangat Baik (SB). Berdasarkan penilaian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa booklet yang dibuat peneliti mengandung data identifikasi mamalia, serta layak digunakan sebagai acuan guru dalam pembelajaran IPA khususnya biologi sekaligus dapat digunakan siswa sebagai salah satu bahan ajar IPA yang digunakan secara mandiri. Kata Kunci: Booklet, Identifikasi, Mamalia, Sumber Belajar} }