TY - THES N1 - Eka Sulistyowati, S.Si., M.A., M.IWM ID - digilib29349 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29349/ A1 - Yufi Nugroho, NIM. 13680052 Y1 - 2017/11/09/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARCS terhadap motivasi, kesadaran dan hasil belajar biologi siswa pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian semu (Quasi eksperiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sample dan menggunakan dua kelas, yaitu kelas X 7 sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran ARCS dan kelas X 1 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung (direct instruction). Alat pengumpulan data adalah tes, angket motivasi belajar, angket kesadaran lingkungan, lembar observasi, lembar wawancara dan logbook. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U-test untuk motivasi belajar dan kesadaran lingkungan dan Independent Sample T-test untuk hasil belajar. Hasil penelitian untuk data motivasi belajar siswa berdasarkan uji statistik Mann Whitney U Test sebesar 0,080 (p > 0,05) sehingga tidak terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai signifikasi untuk data kesadaran lingkungan siswa berdasarkan uji statistik Mann Whitney U Test sebesar 0,050 (p = 0,05) sehingga terdapat perbedaan kesadaran lingkungan siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai signifikasi hasil belajar siswa diperoleh sebesar 0,000 (p < 0,05) sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa model ARCS tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar dan kesadaran lingkungan siswa dan model ARCS berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pencemaran lingkungan. Kata Kunci: Model ARCS, Motivasi Belajar, Kesadaran, Hasil Belajar, Pencemaran Lingkungan PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Model ARCS KW - Motivasi Belajar KW - Kesadaran KW - Hasil Belajar KW - Pencemaran Lingkungan M1 - skripsi TI - PENGARUH MODEL ARCS TERHADAP MOTIVASI, KESADARAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN AV - restricted EP - 144 ER -