eprintid: 29349 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/93/49 datestamp: 2018-02-12 07:45:41 lastmod: 2018-02-12 07:45:41 status_changed: 2018-02-12 07:45:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yufi Nugroho, NIM. 13680052 title: PENGARUH MODEL ARCS TERHADAP MOTIVASI, KESADARAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN ispublished: pub subjects: kar_ subjects: met_pemb divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Model ARCS, Motivasi Belajar, Kesadaran, Hasil Belajar, Pencemaran Lingkungan note: Eka Sulistyowati, S.Si., M.A., M.IWM abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARCS terhadap motivasi, kesadaran dan hasil belajar biologi siswa pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian semu (Quasi eksperiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sample dan menggunakan dua kelas, yaitu kelas X 7 sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran ARCS dan kelas X 1 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung (direct instruction). Alat pengumpulan data adalah tes, angket motivasi belajar, angket kesadaran lingkungan, lembar observasi, lembar wawancara dan logbook. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U-test untuk motivasi belajar dan kesadaran lingkungan dan Independent Sample T-test untuk hasil belajar. Hasil penelitian untuk data motivasi belajar siswa berdasarkan uji statistik Mann Whitney U Test sebesar 0,080 (p > 0,05) sehingga tidak terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai signifikasi untuk data kesadaran lingkungan siswa berdasarkan uji statistik Mann Whitney U Test sebesar 0,050 (p = 0,05) sehingga terdapat perbedaan kesadaran lingkungan siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai signifikasi hasil belajar siswa diperoleh sebesar 0,000 (p < 0,05) sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa model ARCS tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar dan kesadaran lingkungan siswa dan model ARCS berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pencemaran lingkungan. Kata Kunci: Model ARCS, Motivasi Belajar, Kesadaran, Hasil Belajar, Pencemaran Lingkungan date: 2017-11-09 date_type: published pages: 144 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Yufi Nugroho, NIM. 13680052 (2017) PENGARUH MODEL ARCS TERHADAP MOTIVASI, KESADARAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29349/1/13680052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29349/2/13680052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf