%0 Thesis %9 Skripsi %A Arif Rahman Octobrianta, NIM. 13680055 %B Fakultas Sains dan Teknologi %D 2017 %F digilib:29351 %I UIN Sunan Kalijaga %K Hasil Belajar, Mind Map, Motivasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif Jigsaw %P 212 %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DISERTAI MIND MAP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29351/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai mind map terhadap motivasi belajar siswa, 2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai mind map terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian True Experiment dengan desain Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI IPA yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 3 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling dengan hasil kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol, kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen jigsaw, dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen jigsaw disertai mind map. Teknik pengumpulan data motivasi belajar siswa menggunakan angket, dengan instrumen berupa lembar angket motivasi belajar siswa. Teknik pengambilan data hasil belajar siswa menggunakan tes, dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest materi sistem endokrin. Teknik analisis data motivasi belajar siswa menggunakan uji statistik Kruskal Wallis test, dan analisis data hasil belajar siswa menggunakan skor N-gain yang di uji menggunakan uji statistik Kruskal Wallis test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai mind map terhadap motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Kruskal Wallis menunjukkan Asymp. sig. sebesar 0,040 < 0,05, 2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai mind map terhadap hasil belajar kognitif siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Kruskal Wallis untuk skor N-gain siswa menunjukkan nilai Asymp. sig. sebesar 0,000 < 0,05. Kata kunci: Hasil Belajar, Mind Map, Motivasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif Jigsaw %Z Runtut Prih Utami, M.Pd.