TY - THES N1 - Drs. Moch. Fuad, M.Pd., ID - digilib29355 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29355/ A1 - AHMAD NAJAHU TAUFIK, NIM. 13410223 Y1 - 2017/11/29/ N2 - AHMAD NAJAHU TAUFIK. Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Karakter untuk Siswa Kelas VII MTs Negeri 3 Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang masalah penelitian ini adalah pendidikan karakter secara eksplisit menjadi salah satu tujuan dari pendidikan nasional Indonesia. Pendidikan karakter adalah pendidikan yang sangat penting bagi bangsa terutama bagi anak-anak yang masih dalam dunia pendidikan. Mata pelajaran Sejarah Kabudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah atau hikmah (pelajaran) dari sejarah islam. Sehingga lewat internalisasi nilai-nilai yang terkandung dalam sejarah inilah pendidikan karakter dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dilakukan. Tetapi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah mata pelajaran yang kurang diminati dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya kurang dapat diinternalisasikan, bahkan nilai prestasi belajar mata pelajaran ini cenderung lebih rendah dibanding mata pelajaran PAI lainya. Hal ini juga yang terjadi di MTs Negeri 3 Sleman. Komik pembelajaran dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk membantu memecahkan masalah di atas dan mempermudah guru dalam proses penyampaian materi. Penyajian komik mengandung unsur visual dan cerita yang kuat. Ekspresi yang divisualisasikan membuat pembaca terlibat secara emosional. Jenis penelitian ini adalah peniliatian dan pengembangan (Research and Development), dengan mengambil tempat penelitian di MTs Negeri 3 Sleman. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan dari Borg dan Gall. Tahap pengembangan penelitian ini adalah penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembang draf produk, validasi, revisi produk, ujicoba lapangan awal, penyempurnaan produk, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk akhir, dan pembuatan produk masal. Media komik pembelajaran juga ditinjau oleh ahli media, ahli materi, dan guru serta diujicobakan untuk melihat respon dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penelitian berhasil mengambangan media komik pembelajaran dalam bentuk media komik setebal 72 halaman dengan judul ?Media Komik Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Karakter Pola, Misi, dan Strategi Dakwah Nabi Muhammad di Mekah untuk MTs Kelas VII? 2) Hasil penilaian kualitas dari ahli media presentase keidealanya mencapai 85.45% masuk kategori Sangat Baik, Hasil penilaian dari ahli materi presentase keidealanya mencapai 74% masuk kategori Baik, dan penilaian dari guru Sejarah Kebudayaan Islam presentase keidealanya mencapai 92.49% masuk dalam kategori Sangat Baik 3) Proses pembelajaran menggunakan media komik pembelajaran telah dapat dilakukan dalam 2 jam pelajaran di kelas VII MTs Negeri 3 Sleman dan menunjukan hasil perubahan prestasi belajar yang cukup signifikan yaitu mengalami kenaikan sebesar 80.42%. 4) Dari analisis hasil pembelajaran menggunakan media komik pembalajaran siswa menunjukan respon yang masuk dalam kategori Sangat Positif PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Media Komik KW - Berbasis Karakter KW - Sejarah Kebudayaan Islam M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KARAKTER UNTUK SISWA KELAS VII MTS NEGERI 3 SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 223 ER -