eprintid: 29363 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/93/63 datestamp: 2018-02-15 03:11:19 lastmod: 2018-02-15 03:11:19 status_changed: 2018-02-15 03:11:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: PURI HANDAYANI, NIM. 1520010071 title: PENGARUH MULTIPLE INTELLIGENCES, LOCUS OF CONTROL DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN ALQURAN DAN HADIS KELAS VIII SMPIT DAARUL ABROR KACE MENDO BARAT BANGKA TAHUN AJARAN 2016/2017 ispublished: pub subjects: psi_isl divisions: pps_iis full_text_status: restricted keywords: Multiple intelligences, Locus Of Control, Motivasi berprestasi, dan Hasil Belajar note: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Multiple Intelligences terhadap hasil belajar pada siswa SMPIT Kelas VIII Daarul Abror Kace Mendo Barat Bangka Tahun Ajaran 2016/2017. (2) Pengaruh Locus Of Control terhadap hasil belajar pada siswa SMPIT Kelas VIII Daarul Abror Kace Mendo Barat Bangka Tahun Ajaran 2016/2017. (3) Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap hasil belajar pada siswa SMPIT Kelas VIII Darul Abror Kace Mendo Barat Bangka Tahun Ajaran 2016/2017. (4) Pengaruh Multiple Intelligences dan Locus of Control, Motivasi Berprestasi secara bersama-sama dengan hasil belajar Alquran dan Hadis pada siswa SMPIT Kelas VIII Darul Abror Kace Mendo Barat Bangka Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seruluh siswa SMPIT Kelas VIII Daarul Abror Kace Mendo Barat Bangka Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 76 siswa. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan skala. Uji coba instrument yang dilaksanakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas, yang dilakukan pada 35 siswa MTs Nurul Falah Air Mesu Pangkalan Baru Bangka Tengah Tahun ajaran 2016/2017. Sebelum data penelitian dianalisis, dilakukan uji data yang digunakan meliputi uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji hipotesis pertama, kedua, ketiga dengan uji hipotesis keempat dengan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh variabel penjelas terhadap dependen secara simultan dan parsial. Berdasarkan temuan tersebut disimpulkan ; (1) Variabel Multiple intelligences memberikan pengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar Alquran dan Hadis siswa SMPIT Kelas VIII Darul Abror Kace Mendo Barat Bangka Tahun Ajaran 2016/2017 (β = 0.007, p < 0.021). (2) Variabel Locus Of Control secara parsial memberikan pengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar Alquran dan Hadis siswa SMPIT Kelas VIII Darul Abror Kace Mendo Barat Bangka Tahun Ajaran 2016/2017 (β = 0.067, p < 0.0001). (3) Variabel Motivasi berprestasi secara parsial memberikan pengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar Alquran dan Hadis siswa SMPIT Kelas VIII Daarul Abror Kace Mendo Barat Bangka Tahun Ajaran 2016/2017. (β = 0.070, p < 0.0001). (4) Variabel Multiple intelligences, Locus Of Control dan Motivasi berprestasi secara bersama memberi pengaruh signifikan terhadap hasil belajar Alquran dan Hadis siswa SMPIT Kelas VIII Darul Abror Kace Mendo Barat Bangka Tahun Ajaran 2016/2017 (R² =0.501, F-hit = 24.01, p < 0.0001). dengan demikian keseluruhan hasil hipotesis ini mendukung hipotesis yang diajukan. Kata Kunci : Multiple intelligences, Locus Of Control, Motivasi berprestasi, dan Hasil Belajar date: 2017-11-26 date_type: published pages: 248 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Pascasarjana Interdisciplinary Islamic Studies thesis_type: masters thesis_name: other citation: PURI HANDAYANI, NIM. 1520010071 (2017) PENGARUH MULTIPLE INTELLIGENCES, LOCUS OF CONTROL DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN ALQURAN DAN HADIS KELAS VIII SMPIT DAARUL ABROR KACE MENDO BARAT BANGKA TAHUN AJARAN 2016/2017. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29363/1/1520010071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29363/2/1520010071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf