<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PESANTREN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL ITTIFAQIAH (TAKIAH)\r\nINDRALAYA SUMATERA SELATAN"^^ . "Pesantren as one of curriculum indicator to build a noble character of\r\nIslamic soul. Based on PPI’s Data, Indralaya has performed many achievements at\r\nnational and international level such as MTQ International champion in Malaysia\r\n(1997 and 2006), MTQ International in Saudi Arabia (2001), STQ / MTQ\r\nNational, Arabic speech champion national sports week, champion calligraphy\r\nand champion on various other national events. Because of these achievements, in\r\n1999 the PPI received an award from the Ministry of Religious Affairs as a\r\nleading boarding school.\r\nThis research is a qualitative research with phenomenological approach in\r\nTAKIAH Indralaya. The purpose of this research is to know: 1) how the\r\nimplementation of curriculum management of early childhood education based on\r\nIslamic Boarding School in TAKIAH. 2) the extent of the involvement of\r\nfoundations, teachers, parents and the surrounding community in designing and\r\nplanning curriculum of early childhood education based on Islamic Boarding\r\nSchool in TAKIAH. 3) what problems and solutions faced in curriculum\r\nmanagement of Islamic Boarding School-based early childhood education in\r\nTAKIAH. Technique of collecting data in this research is observation,\r\ndocumentation, and interview.\r\nThe results of this study indicate that the implementation of curriculum\r\nbased on Islamic boarding schools in TAKIAH Indralaya include: 1) Planning,\r\nwhich includes: Prota, Prosem, RKM, and RKH. 2) Implementation. a) Religious\r\nactivities, including: Memorize daily prayer and short letters of Qur’an, dhuha\r\nPrayers, Watching religious cartoons, Manasik Hajj, and basic Arabic. b)\r\nCommon knowledge and art, including: Introduction of traffic signs, Creating\r\ncommunication devices (telephones), and dancing. 3) Monitoring. a) School\r\nsupervision of the foundation, including: School observation, Group meetings,\r\nand individual Talks. b) School principal supervision to teachers, including:\r\nPractice (demonstration) teaching, Class observation, Individual talks, and Group\r\nmeetings. 4) Evaluation. Implemented at the end of every year of the lesson by\r\nCIPP evaluation model, which includes: context, input (children, educators, and\r\ninfrastructure), process, and output. The design and planning of the curriculum\r\ninvolves several parties, namely: Foundation, Teachers, people and communities.\r\nThe problems and solutions encountered are: a) The competence of educators. b)\r\nFacilities and infrastructure (APE and space or building support). ( INDONESIA ) Pesantren sebagai salah satu indikator setiap penyusunan kurikulum\r\nsekolah dimasukkan dalam kurikulum sekolah sebagai bentuk upaya menjadikan\r\nanak berjiwa santri yang berakhlak mulia. Data menjelaskan bahwasanya\r\nTAKIAH Indralaya memiliki prestasi di bidang seni Al Qur’an, baik seni\r\nmembaca, menghafal, naghom, dan kaligrafi. Salah satu anak didiknya yaitu\r\nFatima Azzahra yang menjadi wisudawati tahfizh terbaik tingkat anak-anak.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan\r\nfenomenologis yang dilakukan di TAKIAH Indralaya. Tujuan dari penelitian ini\r\nadalah untuk mengetahui: 1) bagaimana implementasi manajemen kurikulum\r\nPAUD berbasis pesantren di TAKIAH. 2) sejauhmana keterlibatan yayasan, guru,\r\norang tua dan masyarakat sekitar dalam mendisain dan merencanakan kurikulum\r\nPAUD berbasis pesantren di TAKIAH. 3) problematika apa saja yang dihadapi\r\ndalam manajemen kurikulum PAUD berbasis pesantren di TAKIAH. Teknik\r\npengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan\r\nwawancara.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum PAUD\r\nberbasis pesantren di TAKIAH Indralaya meliputi: 1) Perencanaan, yang meliputi:\r\nProta, Prosem, RKM, dan RKH. 2) Pelaksanaan. a) Kegiatan keagamaan,\r\nmeliputi: Menghafal doa sehari-hari dan surat-surat pendek, Shalat dhuha,\r\nMenonton film kartun religi, Manasik haji, dan Bahasa Arab dasar. b)\r\nPengetahuan umum dan seni, meliputi: Pengenalan rambu-rambu lalu lintas,\r\nMembuat alat komunikasi (telepon), dan menari. 3) Pengawasan. a) Pengawasan\r\nyayasan ke sekolah, meliputi: Observasi sekolah, Pertemuan kelompok, dan\r\nPembicaraan individual. b) Pengawasan kepala sekolah ke para guru, meliputi:\r\nPraktek (demonstrasi) mengajar, Observasi kelas, Pembicaraan individual, dan\r\nPertemuan kelompok. 4) Evaluasi. Dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran\r\ndengan model evaluasi CIPP, yang meliputi: context, input (anak, pendidik, dan\r\nsarana prasarana), process, dan output. Disain dan perencanaan kurikulum\r\nmelibatkan beberapa pihak, yaitu: Yayasan, Guru, orang dan masyarakat sekitar.\r\nproblematika dalam manajemen kurikulum PAUD berbasis pesantren di TAKIAH\r\nyaitu: a) Kompetensi pendidik. b) Sarana dan prasarana (Alat Permainan Edukatif\r\ndan ruang atau gedung penunjang). “Jika Al qur’an kitab suci umat Islam, maka\r\nKurikulum kitab suci umat pendidikan”."^^ . "2017-11-23" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1520430005"^^ . "MUHARRAHMAN"^^ . "NIM. 1520430005 MUHARRAHMAN"^^ . . . . . . "MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PESANTREN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL ITTIFAQIAH (TAKIAH)\r\nINDRALAYA SUMATERA SELATAN (Text)"^^ . . . . . "1520430005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PESANTREN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL ITTIFAQIAH (TAKIAH)\r\nINDRALAYA SUMATERA SELATAN (Text)"^^ . . . . . "MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PESANTREN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL ITTIFAQIAH (TAKIAH)\r\nINDRALAYA SUMATERA SELATAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PESANTREN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL ITTIFAQIAH (TAKIAH)\r\nINDRALAYA SUMATERA SELATAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PESANTREN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL ITTIFAQIAH (TAKIAH)\r\nINDRALAYA SUMATERA SELATAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PESANTREN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL ITTIFAQIAH (TAKIAH)\r\nINDRALAYA SUMATERA SELATAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PESANTREN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL ITTIFAQIAH (TAKIAH)\r\nINDRALAYA SUMATERA SELATAN (Other)"^^ . . . . . . "MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PESANTREN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL ITTIFAQIAH (TAKIAH)\r\nINDRALAYA SUMATERA SELATAN (Other)"^^ . . . . . . "MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PESANTREN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL ITTIFAQIAH (TAKIAH)\r\nINDRALAYA SUMATERA SELATAN (Other)"^^ . . . . . . "MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PESANTREN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL ITTIFAQIAH (TAKIAH)\r\nINDRALAYA SUMATERA SELATAN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #29376 \n\nMANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PESANTREN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL ITTIFAQIAH (TAKIAH) \nINDRALAYA SUMATERA SELATAN\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)" . .