<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MEDIA MULTISENSORIC ALPHABET BERGAMBAR\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA ANAK USIA DINI PENYANDANG AUTIS DI SEKOLAH AUTIS TALENTA KIDS, TEGALREJO, SALATIGA"^^ . "The research was motivated by the increasing number of autistic children\r\nyear by year. That increas need the attention from the education stakeholder too,\r\nbecause the parent of autistic child have a hope that their children can grow like\r\nother children. One of the sinergic effort is by giving the children education since\r\nthey were in early childhood as the modal to face the education in the next level.\r\nOne of the important skill that is taught in early childhood is writing skill.\r\nUnfortunately, the writing skill of the most autistic children is not so good, like\r\nwhat happened in Talenta Kids. They bored to study writing because the lack of\r\ninteresting medium, wether the medium that come from the government or spread\r\nout in the market. This condition become worse, when the teacher them self did\r\nnot want to develop the apropriate medium for that autistic child.\r\nThis research is Research and Development (R&D) with descriptive\r\nqualitative approch that is conducted in Sekolah Autis Talenta Kids Salatiga. The\r\ngoals of this research is to describe: (1) development procedure of Multisensoric\r\nAlphabet Bergambar, (2) the validation result from the expert of medium and the\r\nexpert of material, (3) the efectivity of Multisensoric Alphabet Bergambar, (4) the\r\nteachers and students respons toward Multisensoric Alphabet Bergambar. The\r\ntechnique of qualitative data collection is using observation, interview, and\r\ndocumentation study. While quantitative data using questionaire.\r\nThe result of this research indicates that: (1) The development of\r\nMultisensoric Alphabet Bergambar medium using Borg&Gall procedure of R&D\r\nthat consist of potential and problem, data collection, product design, design\r\nvalidation, design revisement, mainfield testing, product revisement. (2) the\r\nvalidation result from the expert of medium show the total score98 with “good”\r\ncategory, while the validation from the expert of material show the total score 104\r\nwith “very good” category. (3) the result of medium efectivity testing show that\r\nthe mean of pre-test result is 1,71 which means that the writing skill is “did not\r\ndevelop yet” with “bad” category, while the mean of the post-test result is 3\r\nwhich means that the writng skill is “develop like the expectation” with “good”\r\ncategory. (4) the teachers and students responses toward Multisensoric Alphabet\r\nBergambar indicates that the medium have the strengthness in some aspects such\r\nas the content, instruction, language, material, display, and savety. While the\r\nweakness of the medium is the subjectivity of the medium where some pictures\r\nused in medium are unfamiliar for some students and need to be resufled. The use\r\nof multisensoric principal and picture in the medium can increase the students\r\nunderstanding and motivation, so that the writing skill of the autistic child is\r\nincrease ( INDONESIA ) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan jumlah anak autis dari\r\ntahun ke tahun. Peningkatan jumlah anak autis tersebut juga membutuhkan\r\nperhatian dari para stakeholder pendidikan, karena orang tua dari anak\r\npenyandang autis juga berharap anaknya dapat tumbuh sebagaimana anak yang\r\nlain. Salah satu upaya sinergis yang dilakukan adalah dengan memberikan\r\npendidikan sejak usia dini sebagai bekal memasuki jenjang pendidikan\r\nselanjutnya. Salah satu ketrampilan dasar yang dikembangkan di PAUD ini adalah\r\nkemampuan menulis. Sayangnya, kemampuan menulis anak autis di Talenta Kids\r\nmasih rendah dan anak autis jenuh untuk belajar menulis karena kurangnya media\r\nyang digunakan baik media yang berasal dari pemerintah atau yang beredar di\r\npasaran. Hal ini diperparah dengan ketidakmauan guru untuk mengembangkan\r\nmedia yang sesuai bagi mereka.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan\r\npendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di Sekolah Autis Talenta Kids\r\nSalatiga. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang: (1) prosedur\r\npengembangan media pembelajaran Multisensoric Alphabet Bergambar, (2) hasil\r\nuji validasi oleh ahli media dan ahli materi, (3) efektivitas media Multisensoric\r\nAlphabet Bergambar, (4) respon guru dan anak terhadap media Multisensoric\r\nAlphabet Bergambar. Teknik pengumpulan data kualitatif dari penelitian ini\r\nadalah observasi, interview, dan dokumentasi. Sementara data kuantitatif\r\nmenggunakan angket.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan media\r\nMultisensoric Alphabet Bergambar menggunakan tahapan penelitian dan\r\npengembangan menurut Borg&Gall yang terdiri dari potensi dan masalah,\r\npengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk,\r\ndan revisi produk, (2) hasil validasi dari ahli media menunjukkan jumlahskor 98\r\ndengan kategori “baik”, sementara hasil validasi ahli media menunjukkan jumlah\r\nskor 104 dengan kategori “sangat baik”, (3) hasil uji efektivitas media\r\nmenunjukkan rerata skor pretest adalah 1,71 yang berarti kemampuan menulis\r\n“belum berkembang” dengan kategori “kurang”, sementara rerata skor posttest\r\nadalah 3 yang berarti kemampuan menulis “berkembang sesuai harapan” dengan\r\nkategori “baik”, (4) respon guru dan anak menunjukkan bahwa media memiliki\r\nkelebihan dilihat dari segi konten, pembelajaran, kebahasaan, penyajian materi,\r\ntampilan dan keamanan. Sementara media memiliki kekurangan dilihat dari\r\nsubjektivitas media, adabeberapa gambar yang kurang familiar bagi anak dan\r\nperlu diganti agar media lebih sesuai bagi anak autis. Penggunaan prinsip\r\nmultisensoris dan gambar diakui dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi\r\nanak autis, sehingga kemampuan menulis anak autis pun dapat meningkat."^^ . "2017-10-02" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1520430008"^^ . "KHOIRUL BARIYYAH"^^ . "NIM. 1520430008 KHOIRUL BARIYYAH"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA MULTISENSORIC ALPHABET BERGAMBAR\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA ANAK USIA DINI PENYANDANG AUTIS DI SEKOLAH AUTIS TALENTA KIDS, TEGALREJO, SALATIGA (Text)"^^ . . . . . "1520430008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA MULTISENSORIC ALPHABET BERGAMBAR\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA ANAK USIA DINI PENYANDANG AUTIS DI SEKOLAH AUTIS TALENTA KIDS, TEGALREJO, SALATIGA (Text)"^^ . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA MULTISENSORIC ALPHABET BERGAMBAR\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA ANAK USIA DINI PENYANDANG AUTIS DI SEKOLAH AUTIS TALENTA KIDS, TEGALREJO, SALATIGA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA MULTISENSORIC ALPHABET BERGAMBAR\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA ANAK USIA DINI PENYANDANG AUTIS DI SEKOLAH AUTIS TALENTA KIDS, TEGALREJO, SALATIGA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA MULTISENSORIC ALPHABET BERGAMBAR\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA ANAK USIA DINI PENYANDANG AUTIS DI SEKOLAH AUTIS TALENTA KIDS, TEGALREJO, SALATIGA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA MULTISENSORIC ALPHABET BERGAMBAR\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA ANAK USIA DINI PENYANDANG AUTIS DI SEKOLAH AUTIS TALENTA KIDS, TEGALREJO, SALATIGA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA MULTISENSORIC ALPHABET BERGAMBAR\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA ANAK USIA DINI PENYANDANG AUTIS DI SEKOLAH AUTIS TALENTA KIDS, TEGALREJO, SALATIGA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA MULTISENSORIC ALPHABET BERGAMBAR\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA ANAK USIA DINI PENYANDANG AUTIS DI SEKOLAH AUTIS TALENTA KIDS, TEGALREJO, SALATIGA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA MULTISENSORIC ALPHABET BERGAMBAR\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA ANAK USIA DINI PENYANDANG AUTIS DI SEKOLAH AUTIS TALENTA KIDS, TEGALREJO, SALATIGA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA MULTISENSORIC ALPHABET BERGAMBAR\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA ANAK USIA DINI PENYANDANG AUTIS DI SEKOLAH AUTIS TALENTA KIDS, TEGALREJO, SALATIGA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #29380 \n\nPENGEMBANGAN MEDIA MULTISENSORIC ALPHABET BERGAMBAR \nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA ANAK USIA DINI PENYANDANG AUTIS DI SEKOLAH AUTIS TALENTA KIDS, TEGALREJO, SALATIGA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)" . .