<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN\r\nPENDIDIKAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT\r\nTERHADAP KENAKALAN REMAJA\r\nDI SMA ISLAM 3 PAKEM SLEMAN"^^ . "Permasalahan kenakalan remaja di Indonesia dirasa telah mencapai tingkat\r\nkondisi yang meresahkan masyarakat. Kondisi yang demikian ini seharusnya\r\ndapat mendorong pihak-pihak yang bertanggung jawab mengenai masalah ini,\r\nmisalnya peranan keluarga, mengingat keluarga merupakan pendidikan pertama\r\nyang diperoleh anak. Adapun faktor lain yang tidak dapat dikesampingkan adalah\r\nkelompok edukatif di lingkungan sekolah. Kemudian masyarakat sekitar juga\r\nmemiliki peranan sebagai kontrol sosial. Melihat begitu pentingnya peran dan\r\npengaruh pendidikan keluarga, sekolah, dan masyarakat terhadap kenakalan\r\nremaja, perlu adanya kerja sama antara pihak keluarga, sekolah, dan masyarakat\r\ndalam menanamkan nilai-nilai dan norma-norma sebagai upaya pembentukan\r\nkepribadian remaja agar terhindar dari perilaku kenakalan. Tujuan yang ingin\r\ndicapai dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh persepsi\r\nsiswa tentang lingkungan pendidikan yang terdiri dari lingkungan pendidikan\r\nkeluarga, sekolah, dan masyarakat terhadap kenakalan remaja, serta untuk\r\nmengetahui besar pengaruh persepsi siswa terhadap lingkungan pendidikannya\r\nterhadap kenakalan remaja di SMA Islam 3 Pakem Sleman.\r\nMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.\r\nPada penelitian ini peneliti menentukan populasi di SMA Islam 3 Pakem Sleman\r\ndengan jumlah 68 siswa serta menjadikan seluruh siswa tersebut dijadikan sebagai\r\nsampel. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan\r\nobservasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil dari pengumpulan data\r\ntersebut kemudian dianalisis secara deskriptif dan uji hipotesis dengan analisis\r\nregresi berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 16.0 for windows.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil uji determinasi\r\nmenunjukkan lingkungan pendidikan keluarga, sekolah, dan masyarakat secara\r\nbersama-sama memberikan pengaruh negatif yang signifikan terhadap kenakalan\r\nremaja di SMA Islam 3 Pakem Sleman sebesar 50,9%. Dengan terbuktinya\r\nhipotesis tersebut, maka teori Ki Hajar Dewantara tentang Tripusat Pendidikan\r\nmasih relevan digunakan dalam pendidikan saat ini dan dibutuhkan perhatian\r\nyang optimal dari ketiga lingkungan pendidikan tersebut. (2) Jika siswa memiliki\r\npersepsi yang positif terhadap lingkungan pendidikannya, maka perilaku yang\r\ndiwujudkan akan baik. Sebaliknya, jika siswa memiliki persepsi yang negatif\r\nterhadap lingkungan pendidikannya, maka perilaku yang diwujudkan juga tidak\r\nbaik, bahkan dapat memicu terjadinya kenakalan remaja. (3) Model pendidikan\r\nyang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam membangun persepsi siswa yang\r\nberkorelasi dengan perilaku adalah model pendidikan yang menggunakan\r\nperpaduan tiga pendekatan, yaitu: pendekatan mikro, meso, dan makro.\r\nKata kunci: persepsi siswa, lingkungan pendidikan, dan kenakalan remaja"^^ . "2017-11-27" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Pascasarjana Interdisciplinary Islamic Studies, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1520011057"^^ . "Ranu Nada Irfani"^^ . "NIM. 1520011057 Ranu Nada Irfani"^^ . . . . . . "PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN\r\nPENDIDIKAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT\r\nTERHADAP KENAKALAN REMAJA\r\nDI SMA ISLAM 3 PAKEM SLEMAN (Text)"^^ . . . . . "1520011057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN\r\nPENDIDIKAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT\r\nTERHADAP KENAKALAN REMAJA\r\nDI SMA ISLAM 3 PAKEM SLEMAN (Text)"^^ . . . . . "PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN\r\nPENDIDIKAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT\r\nTERHADAP KENAKALAN REMAJA\r\nDI SMA ISLAM 3 PAKEM SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN\r\nPENDIDIKAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT\r\nTERHADAP KENAKALAN REMAJA\r\nDI SMA ISLAM 3 PAKEM SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN\r\nPENDIDIKAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT\r\nTERHADAP KENAKALAN REMAJA\r\nDI SMA ISLAM 3 PAKEM SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN\r\nPENDIDIKAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT\r\nTERHADAP KENAKALAN REMAJA\r\nDI SMA ISLAM 3 PAKEM SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN\r\nPENDIDIKAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT\r\nTERHADAP KENAKALAN REMAJA\r\nDI SMA ISLAM 3 PAKEM SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN\r\nPENDIDIKAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT\r\nTERHADAP KENAKALAN REMAJA\r\nDI SMA ISLAM 3 PAKEM SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN\r\nPENDIDIKAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT\r\nTERHADAP KENAKALAN REMAJA\r\nDI SMA ISLAM 3 PAKEM SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN\r\nPENDIDIKAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT\r\nTERHADAP KENAKALAN REMAJA\r\nDI SMA ISLAM 3 PAKEM SLEMAN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #29381 \n\nPENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN \nPENDIDIKAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT \nTERHADAP KENAKALAN REMAJA \nDI SMA ISLAM 3 PAKEM SLEMAN\n\n" . "text/html" . . . "Psikologi"@en . .