relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29384/ title: PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV MIN BENER PURWOREJO creator: Akhmad Zaenudin, NIM. 1520421002 subject: Media Pembelajaran description: Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan mengenai lemahnya kreativitas yang dimiliki oleh generasi muda pada saat ini, sehingga berimbas pada banyaknya pengangguran. Hal itu disebabkan karena lemahnya kreativitas pada mereka, sehingga tidak mampu bersaing dengan yang lain. Untuk itu perlu yang namanya pengembangan potensi kreativitas yang sejatinya sudah dimiliki oleh setiap manusia. Pengembangan kreativitas tersebut dimulai sejak pendidikan dasar (SD/MI). MIN Bener Purworejo menerapkan pembelajaran tematik terpadu dalam upaya mengembangkan kreativitas peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran tematik terpadu di MIN Bener Purworejo. (2) Untuk mengetahui pengembangan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu kelas IV MIN Bener Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dengan metode penelitian studi kasus, yaitu meneliti secara langsung ke lapangan fenomena-fenomena terhangat yang sedang terjadi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian: 1). Pembelajaran Tematik Terpadu kelas IV di MI Negeri Bener Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 menggunakan pembelajaran Tematik Terpadu dengan pendekatan scientific. Tahap pelaksanaan pembelajaran tematik dimulai dari, tahap perencanaan pembelajaran, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi, dan tahap tindak lanjut. 2). Pengembangan Kreativitas Peserta didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di kelas IV MIN Bener Purworejo menggunakan multimetode, diantaranya yaitu ; metode inquiri, dan metode problem solving. Pembelajaran dilaksanakan secara aktif dan tidak monoton, peserta didik diberikan kebebasan untuk berpendapat dan mengembangkan potensi kreativitasnya.Pembelajaran dilaksanakan dengan melibatkan peserta didik untuk mempratekkan langsung. Kata Kunci: pengembangan kreativitas, pembelajaran tematik terpadu. date: 2017-09-12 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29384/1/1520421002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29384/2/1520421002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Akhmad Zaenudin, NIM. 1520421002 (2017) PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV MIN BENER PURWOREJO. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.