<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS IMPLEMENTASI ASESMEN DALAM MENGAMATI PERKEMBANGAN ANAK TUNAGRAHITA DI TK SLB C 1 DHARMA RENA RING PUTRA I YOGYAKARTA"^^ . "This study is based on the importance of assessing the development of\r\nchildren, especially for children with intellectual disabilities who have many types\r\nof disability and no specific assessment standard for children with intellectual\r\ndisabilities. SLB C-1 Dharma Rena Ring Putra I is an educational institution that\r\nhas been established since 1963 and has various types of intellectual disabilities\r\nboth mild, moderate, and children with visual and hearing impairments. So the\r\npurpose of this research are: 1) to analyze the implementation process of the\r\nassessment applied for the intellectual disabled children, 2) to find the pattern of\r\ndevelopment of intellectually disabled children in SLB C 1 Dharma Rena Ring\r\nPutra I Yogyakarta, 3) to find problematic of the assessment implementation in\r\nTK LB C1 Dharma Rena Ring Putra.\r\nThis research is a qualitative research with location in SLB C-1 Dharma\r\nRena Ring Putra I Yogyakarta. Data collection is done by observation, interview,\r\nand documentation. Data analysis is done by reducing, presenting and concluding\r\ndata. Data validity is done by using technique triangulation.\r\nThe results showed the process of conducting the assessment in TK LB C\r\n1 Drama Rena Ringputra I Yogyakarta was conducted in two ways: disabled child\r\ndevelopment assessment, the implementation begins with a preschool assessment\r\nthat aims to describe the ability and barriers to the children before entering school,\r\nthen continued assessment of post-school, as a follow-up post-school assessment\r\nthat aims to develop and maximize the ability of children by referring to the\r\ndevelopment stage of children with disability or commonly called TPPAD (Level\r\nAchievement of Children Development Disability). Second, the assessment of the\r\ndevelopment of the intellectual disability children from the normal point, the\r\nimplementation of the child's assessment of disability from the normality begins\r\nwith daily observation, daily recording, analyzing data every month and recap the\r\nprogress during the semester. The process of implementing the child's assessment\r\nof intellectual disability from the angle of normality refers to STPPA (Standard\r\nlevel of child development achievement).. Pattern development of intellectual\r\ndisability children always develop in pairs, cognitive aspect always pairs with\r\nmotor aspect, emotional social aspect paired with religion moral value while the\r\naspect of language development and art always accompany those aspects.\r\nProblematic implementation of the assessment is the absence of assessment\r\nstandards and appraisal books for intellectual disability children, ( INDONESIA ) Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya pelaksanaan asesmen dalam\r\nmelihat perkembangan anak, terlebih untuk anak tunagrahita yang memiliki\r\nbanyak jenis keterbatasan. Kurangnya pemahaman guru dalam melaksanan\r\nasesmen untuk anak tunagrahita. Salah satu lembaga pendidikan disabilitas yang\r\nada di kota Yogyakarta tepatnya SLB C-1 Dharma Rena Ring Putra I merupakan\r\nlembaga pendidikan yang sudah berdiri sejak tahun 1963 dan memiliki berbagai\r\njenis anak tunagrahita baik tunagrahita ringan, tunagrahita sedang, serta anak\r\ntunagrahita dengan keterbatasan tunanetra dan tunarungu. Tujuan penelitian ini\r\ndiantaranya: 1) menganalisis proses implementasi asesmen yang diterapkan untuk\r\nanak tunagrahita, 2) menemukan pola perkembangan anak tunagrahita di SLB C 1\r\nDharma Rena Ring Putra I Yogyakarta, 3) menemukan problematika pelaksanaan\r\nasesmen di TK LB C1 Dharma Rena Ring Putra.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode\r\npengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data\r\ndilakukan dengan langkah mereduksi data, menyajikan data serta menyimpulkan\r\ndata. Pemerikasan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi\r\nteknik.\r\nHasil penelitian menunjukan proses pelaksanaan asesmen di TK LB C 1\r\nDrama Rena Ringputra I Yogyakarta dialkukan dengan dua cara yaitu: Pertama,\r\nAsesmen perkembangan anak disabilitas, pelaksanan dimulai dengan asesmen\r\nprasekolah yang bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan serta hambatan\r\npada anak sebelum masuk sekolah, kemudia dilanjutkan asemen pasca sekolah,\r\nsebagai tindak lanjut sesmen pasca sekolah yang bertujuan mengembangkan dan\r\nmemaksimalkan kemampuan anak dengan mengacu tahapan perkembangan anak\r\ndisabilitas atau biasa yang disebut dengan TPPAD (Tingkat Pencapaian\r\nPerkembangan Anak Disabilitas). Kedua, Asesmen perkembangan anak\r\ntunagrahita dari sudut kenormal, pelaksanan asesmen anak disabilitas dari\r\nkenormal dimulai dengan pengamatan setiap hari, pencatatan harian, menganalisa\r\ndata setiap bulan dan rekap perkembangan selama semester. Proses pelaksanan\r\nasesmen anak tunagrahita dari sudut kenormalanya mengacu pada STPPA\r\n(Setandar tingkat pencapaian perkembangan anak). Pola perkembangan anak\r\ntunagrahrita selalu berkembang berpasang-pasangan, aspek kognitif selalu\r\nberpasangan dengan aspek motorik, aspek sosial emosional berpasangan dengan\r\nnilai moral agama sedangakan aspek perkembangan bahasa dan seni selalu\r\nmengiringi aspek-aspek tersebut. Problem matika pelaksanaan asesmen, masih\r\nkurang pahamnya akan pelaksanaan asesmen, kurangnya buku panduan asesmen."^^ . "2017-11-24" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1520430013"^^ . "MUHAMMAD ZAINAL ABIDIN"^^ . "NIM. 1520430013 MUHAMMAD ZAINAL ABIDIN"^^ . . . . . . "ANALISIS IMPLEMENTASI ASESMEN DALAM MENGAMATI PERKEMBANGAN ANAK TUNAGRAHITA DI TK SLB C 1 DHARMA RENA RING PUTRA I YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "1520430013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "ANALISIS IMPLEMENTASI ASESMEN DALAM MENGAMATI PERKEMBANGAN ANAK TUNAGRAHITA DI TK SLB C 1 DHARMA RENA RING PUTRA I YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "ANALISIS IMPLEMENTASI ASESMEN DALAM MENGAMATI PERKEMBANGAN ANAK TUNAGRAHITA DI TK SLB C 1 DHARMA RENA RING PUTRA I YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS IMPLEMENTASI ASESMEN DALAM MENGAMATI PERKEMBANGAN ANAK TUNAGRAHITA DI TK SLB C 1 DHARMA RENA RING PUTRA I YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS IMPLEMENTASI ASESMEN DALAM MENGAMATI PERKEMBANGAN ANAK TUNAGRAHITA DI TK SLB C 1 DHARMA RENA RING PUTRA I YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS IMPLEMENTASI ASESMEN DALAM MENGAMATI PERKEMBANGAN ANAK TUNAGRAHITA DI TK SLB C 1 DHARMA RENA RING PUTRA I YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS IMPLEMENTASI ASESMEN DALAM MENGAMATI PERKEMBANGAN ANAK TUNAGRAHITA DI TK SLB C 1 DHARMA RENA RING PUTRA I YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS IMPLEMENTASI ASESMEN DALAM MENGAMATI PERKEMBANGAN ANAK TUNAGRAHITA DI TK SLB C 1 DHARMA RENA RING PUTRA I YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS IMPLEMENTASI ASESMEN DALAM MENGAMATI PERKEMBANGAN ANAK TUNAGRAHITA DI TK SLB C 1 DHARMA RENA RING PUTRA I YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS IMPLEMENTASI ASESMEN DALAM MENGAMATI PERKEMBANGAN ANAK TUNAGRAHITA DI TK SLB C 1 DHARMA RENA RING PUTRA I YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #29387 \n\nANALISIS IMPLEMENTASI ASESMEN DALAM MENGAMATI PERKEMBANGAN ANAK TUNAGRAHITA DI TK SLB C 1 DHARMA RENA RING PUTRA I YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)" . .