<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MODUL BERMAIN SAINS MELALUI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONSAL ANAK DI TK ABA SUMBERADI"^^ . "Libri Rizka Puri Windarta. Pengembangan Modul Bermain Sains Melalui\r\nInkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Sosial\r\nEmosional Anak di TK ABA Sumberadi. Penelitian ini berdasarkan pengamatan\r\nada kekurangan dalam pemberian kegiatan sains di sebuah lembaga Pendidikan\r\nAnak Usia Dini (PAUD). Hal tersebut menyebabkan kurangnya kemampuan anak\r\ndalam bidang sains. Sebenarnya di TK tersebut sudah menerapkan kegiatan sains\r\nnamun kegiatan yang diberikan anak berupa Lembar Kerja Anak tanpa ada\r\nkegiatan langsung yang mengajak anak untuk terjun langsung dalam kegiatan\r\nsains sehingga anak kurang antusias terhadap pembelajaran yang diberikan. Untuk\r\nitu peneliti mengembangkan sebuah metode bermain sains melalui inkuiri\r\nterbimbing dalam bentuk modul yang nantinya akan menjadi panduan praktis bagi\r\npendidik PAUD khususnya anak usia 5-6 tahun.\r\nJenis penelitian ini adalah pengembangan (R&D). Penelitian ini bertujuan\r\nuntuk mengembangkan modul serta mengetahui kelayakannya dalam penggunaan.\r\nProses pengembangan meliputi perencanaan, desain dan pengembangan. Teknik\r\npengumpulan data terdiri dari dua yaitu pertama non-tes yang terdiri dari\r\nobservasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Kedua, test yang benbentuk\r\npretest dan posttest yang akan diberikan sebelum dan sesudah ujicoba pada\r\npendidik. Peneliti melakukan observasi dan wawancara untuk mengeksplor bahan\r\nsebelum pengembangan. Langkah selanjutnya adalah membuat prototipe bahan\r\npengembangan yang kemudian di validasi oleh ahli media, ahli materi, teman\r\nsejawat, dan pendidik. Setelah itu dilakukan revisi desain produk yang kemudian\r\ndigunakan dalam ujicoba skala kecil. Revisi produk dilakukan kembali sebelum\r\ndigunakan dalam ujicoba skala besar. Selanjutnya produk digunakan dalam\r\nujicoba skala besar.\r\nHasil penelitian menunjukkan rata-rata skor penilaian keseluruhan\r\nvalidator dalam hal ini ahli media, ahli materi, teman sejawat dan pendidik\r\ndiperoleh skor 4,36 yang berada pada kategori “sangat baik”. Skor respon\r\npendidik dalam ujicoba skala kecil sebesar 85,2% yang berada pada kategori\r\n“sangat tinggi” dan skor respon pendidik dalam ujicoba skala besar sebesar 4,72\r\ndengan prosentase 94,4% yang berada pada kategori “sangat tinggi”. Selanjutnya\r\nhasil pretest dan posttest berdasarkan analisa data penelitian menunjukkan adanua\r\npeningkatan kemampuan dalam penerapan metode bermain sains melalui inkuiri\r\nterbimbing dengan nilai pretest rata-rata 11,6 sedangkan posttest rata-rata 17,8\r\nsehingga mengalami peningkatan 6,2 dengan gain standar 0,71 pada ujicoba skala\r\nbesar. Nilai gain standar tersebut masuk dalam kategori “tinggi”. Observasi\r\npeningkatan kemampuan pada pendidik dengan menggunakan modul mencapai\r\n96,1%, sehingga masuk kategori “Sangat tinggi”. Dengan demikian penggunaan\r\nmodul dianggap efektif dalam meningkatkan kemampuan menggunakan metode\r\nbermain sains melalui inkuiri terbimbing."^^ . "2017-10-31" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1520431004"^^ . "LIBRI RIZKA PURI WINDARTA"^^ . "NIM. 1520431004 LIBRI RIZKA PURI WINDARTA"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL BERMAIN SAINS MELALUI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONSAL ANAK DI TK ABA SUMBERADI (Text)"^^ . . . . . "1520431004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL BERMAIN SAINS MELALUI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONSAL ANAK DI TK ABA SUMBERADI (Text)"^^ . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL BERMAIN SAINS MELALUI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONSAL ANAK DI TK ABA SUMBERADI (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL BERMAIN SAINS MELALUI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONSAL ANAK DI TK ABA SUMBERADI (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL BERMAIN SAINS MELALUI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONSAL ANAK DI TK ABA SUMBERADI (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL BERMAIN SAINS MELALUI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONSAL ANAK DI TK ABA SUMBERADI (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL BERMAIN SAINS MELALUI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONSAL ANAK DI TK ABA SUMBERADI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL BERMAIN SAINS MELALUI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONSAL ANAK DI TK ABA SUMBERADI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL BERMAIN SAINS MELALUI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONSAL ANAK DI TK ABA SUMBERADI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL BERMAIN SAINS MELALUI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONSAL ANAK DI TK ABA SUMBERADI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #29390 \n\nPENGEMBANGAN MODUL BERMAIN SAINS MELALUI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONSAL ANAK DI TK ABA SUMBERADI\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)" . .