relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2940/ title: SIGNIFIKANSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM NOVEL DAN DAMAI DI BUMI! KARYA KARL MAY TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM creator: INDRIYANI MA'RIFAH NIM. 05410182, subject: Pendidikan Agama Islam description: Keragaman merupakan realitas kehidupan yang tak dapat dielakkan. Namun demikian, ia kurang begitu dipahami dan diinsafi oleh seluruh umat manusia. Banyaknya konflik dan kekerasan di muka bumi menandakan bahwasannya manusia belum memahami betul arti keragaman dan perbedaan. Untuk itu, diperlukan langkah-langkah strategis untuk meredam semua itu. Salah satu caranya adalah dengan menyelenggarakan pendidikan agama Islam berbasis multikulturalisme, yang sumbernya dapat diambil dari novel Dan Damai di Bumi! karya Karl May. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode dokumentasi dan pendekatan semiotika. Secara lebih spesifik, pendekatan semiotika yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Sementara untuk menganalisis novel, peneliti menggunakan analisis isi (content analysis) dan analisis interteks. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, Gagasan-gagasan yang dikemukakan oleh Karl May melalui novelnya, Dan Damai di Bumi! mengajak pembacanya memiliki kesadaran multikultural. Karl May mengakui adanya kenyataan mengenai masyarakat majemuk yang terdiri dari beragam suku, agama, bangsa, ras, bahasa, status sosial, dan sebagainya. Menurutnya, semua manusia memiliki kedudukan yang setara dengan sesamanya. Secara ringkas, gagasan pendidikan multikultural yang diusung oleh Karl May dalam novel Dan Damai di Bumi!, mengandung sebuah penghormatan dan penghargaan terhadap keragaman agama, ras, gender, etnisitas, dan bahasa. Kedua, pendidikan multikultural dalam novel Dan Damai di Bumi! karya Karl May memiliki signifikansi terhadap pendidikan agama Islam. Novel tersebut dapat dijadikan inspirasi dan referensi bagi kalangan terdidik untuk mendorong terciptanya pendidikan agama Islam berbasis multikulturalisme. Pasalnya, novel tersebut sarat dengan nilai-nilai pendidikan multikultural yang akan mengantarkan peserta didik untuk senantiasa menghargai keragaman. Ada tiga variabel yang harus dipenuhi dalam penyelenggaraan pendidikan agama Islam berbasis multikulturalisme, yakni tersedianya pendidik yang inklusif-multikulturalis, sumber atau materi pembelajaran yang bernuansa multikulturalitas, dan metodologi pembelajaran yang multikulturalistik. Novel Dan Damai di Bumi! karya Karl May yang compatible dengan spirit multikulturalitas dapat dimanfaatkan untuk mendukung terselenggaranya pendidikan agama Islam berbasis multikulturalisme. date: 2009-07-27 type: Thesis type: PeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2940/1/BAB%20I.V.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2940/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2940/3/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2940/4/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2940/5/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2940/6/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2940/7/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2940/8/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2940/9/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2940/10/small.jpg identifier: INDRIYANI MA'RIFAH NIM. 05410182, (2009) SIGNIFIKANSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM NOVEL DAN DAMAI DI BUMI! KARYA KARL MAY TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.