eprintid: 2941 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/29/41 datestamp: 2012-08-08 14:28:11 lastmod: 2017-03-15 02:54:07 status_changed: 2012-05-04 16:43:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: INNI DURROTUN NAFI'AH NIM. 04471180-03, title: MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA (TAHUN AJARAN 2008/2009) ispublished: pub subjects: P divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Manajemen, Siswa, Mutu, Pendidikan note: Pembimbing : Dr. H. Muhammad Anis, MA abstract: Pendidikan dikatakan bermutu jika ada suatu kerjasama dan keseimbangan antara input, proses, dan outputnya. Dari segi proses pendidikan disebut bermutu jika proses belajar mengajar berlangsung secara efektif dan efisien ditunjang oleh sumber daya yang ada seperti sumber daya manusia, dana, sarana dan prasarana yang memadai. Sehubungan dengan hal tersebut peningkatan mutu dalam sebuah lembaga pendidikan sudah menjadi suatu keharusan. Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi tentunya lembaga pendidikan harus siap setiap saat dalam menghadapi persaingan di era teknologi saat ini. Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan dalam rangka mencapai tujuan yang telah dicita-citakan tidak akan pernah lepas dari sistem manajemen di dalamnya. Salah satunya yaitu pelaksanaan manajemen kesiswaan yang merupakan bagian penting dalam sebuah lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan administrasi pendidikan khususnya bidang manajemen kesiswaan. Hasil penelitian ini diharapkan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam upayanya meningkatkan mutu pendidikan dengan fokus penelitian di MIN Tempel Ngaglik Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu cara analisis yang cenderung menggunakan kata-kata untuk menjelaskan fenomena yang diamati atau data yang didapatkan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data dengan dua modus, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan manajemen kesiswaan di MIN Tempel sudah baik. Hasil tersebut dapat dilihat pada pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru (PSB) yaitu pada pembentukan panitia PSB dan seleksi calon siswa baru; kegiatan pembinaan siswa; program Bimbingan dan Konseling (BK); dan kegiatan ekstrakurikuler (2) Upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan berkaitan dengan pelaksanaan manajemen kesiswaan antara lain yaitu meningkatkan profesionalitas guru dengan megutus guru mengikuti penataran atau seminar pendidikan; meningkatkan kedisiplinan siswa yang meliputi kedisiplinan waktu dan beribadah; serta meningkatkan kreativitas siswa seperti melakukan studi lapangan dan mengikuti perlombaan antar sekolah atau madrasah. date: 2009-07-27 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-07-27 13:16:58 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--innidurrot-2661-1-innidur-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/54/digilib-uinsuka--innidurrot-2661-1-innidur-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=3052 ; nama file lama : INNI DURROTUN NAFIAH 04471180–03 MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA (TAHUN AJARAN 20082009).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 969398 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: INNI DURROTUN NAFI'AH NIM. 04471180-03, (2009) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA (TAHUN AJARAN 2008/2009). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2941/1/BAB%20I%2CIV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2941/2/BAB%20II%2CIII.pdf