%0 Thesis %9 Skripsi %A YESI YULIANI, NIM. 13670002 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2017 %F digilib:29415 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Buku Panduan Pendidik, Reciprocal Teaching, Stoikiometri %P 204 %T PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERBASIS RECIPROCAL TEACHING (RT) PADA MATERI STOIKIOMETRI SMA/MA KELAS X SEMESTER 2 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29415/ %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam Pendidikan Kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangakan Buku Panduan Pendidik Berbasis Reciprocal Teaching (RT) materi Stoikiometri sebagai pedoman pendidik dalam kegiatan pembelajaran di kelas, analisis kualitas Buku Panduan Pendidik Berbasis Reciprocal Teaching (RT) materi Stoikiometri yang dikembangkan berdasarkan ahli materi, ahli media, dan reviewer, analisis respon pendidik kimia SMA/MA terhadap buku panduan pendidik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model 4-D yang meliputi tahap: (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan), (4) disseminate (penyebarluasan), tanpa tahap disseminate. Penilaian kualitas buku panduan pendidik digunakan metode expert judgment (penilaian ahli). Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian ahli. Data diperoleh dari skor penilaian kualitas. Teknik analisis data berdasarkan kategorisasi. Sedangkan instrumen respon pendidik yang digunakan yaitu lembar respon pendidik. Teknik analisis data berdasarkan kategorisasi. Hasil penelitian pengembangan ini adalah buku panduan pendidik berbasis reciprocal teaching materi stoikiometri sebagai pedoman pendidik dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Penilaian kualitas buku panduan pendidik oleh ahli materi mendapatkan skor 73 dari skor maksimal 80, ahli media mendapatkan skor 56 dari skor maksimal 70, dan reveiewer mendapatkan skor rata-rata 134 dari skor maksimal 150 dengan kategori kualitas SB. Respon pendidik terhadap buku panduan pendidik mendapatkan skor rata-rata 128,5 dari skor maksimal 150 dengan kategori respon SB. %Z Agus Kamaludin, M.Pd.