@phdthesis{digilib2943, month = {July}, title = {IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR?AN HADITS DI KELAS IX MTsN SLEMAN KOTA YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { M. Khozinul Huda NIM : 05410046}, year = {2009}, note = {Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag}, keywords = {Implementasi, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Pembelajaran, Al-Qur'an, Hadits}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2943/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya beberapa kejanggalan dalam implementasi KTSP di kelas IX MTsN Sleman Kota seperti dilewatkannya pre-test dan post-test, kedalaman materi hanya sebatas kognitif, dan sebagainya. Sehingga diperlukan sebuah penelitian tentang KTSP dalam pembelajaran Alquran Hadits di Kelas IX MTsN Sleman Kota tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum tentang implementasi KTSP dalam pembelajaran Alquran Hadits di Kelas IX MTsN Sleman Kota Yogyakarta terkait dengan alasan penerapan KTSP di MTsN Sleman Kota tersebut, pelaksanaan pembelajaran Alquran Hadits di Kelas IX, dan problematika dalam implementasi KTSP dalam pembelajaran Alquran Hadits tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan bentuk kualitatif dan mengambil subjek di MTsN Sleman Kota Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara dengan kepala madrasah, Wa.Ka. Urusan Kurikulum, guru Alquran Hadits Kelas IX, dan sebagian siswa/siswi Kelas IX MTsN Sleman Kota. Analisis data dilakukan dengan cara mendeskripsikan, mengidentifikasi, dan menganalisis problematika pembelajaran Alquran Hadits kemudian mengorganisasi, mengklasifikasi, dan mencari pola-pola hubungan, menemukan apa yang dianggap penting dari apa yang telah dipelajari serta pengambilan keputusan yang akan disampaikan. Analisis data dilakukan sejak peneliti di lapangan, sewaktu pengumpulan data, dan setelah semua data terkumpul atau setelah selesai dari lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Implementasi KTSP dalam pembelajaran Alquran Hadits di Kelas IX MTsN Sleman Kota selama ini masih cenderung menggunakan konsep KTSP (Silabus dan RPP) yang telah dibuat oleh pemerintah yang semestinya dijadikan pedoman atau tolok ukur saja, bukan sebagai panduan utama, sehingga kondisi tersebut berimbas pada kurang maksimalnya proses pembelajaran Alquran Hadits di kelas IX tersebut. Hal ini diSebabkankan keterbatasan beberapa faktor seperti kualitas guru, karakteristik siswa, dan ketersediaan sarana dan prasarana yang dimiliki madrasah menjadikan implementasi pembelajaran belum berjalan maksimal, (2) Problematika implementasi KTSP dalam pembelajaran Alquran Hadits di Kelas IX disebabkan banyak faktor, diantaranya; faktor guru, siswa, dan madrasah. Sehingga diperlukan kesinergisan antara madrasah, guru, dan siswa dan prasarana yang mendukung pembelajaran yang kemudian dapat memaksimalkan implementasi KTSP dalam mata pelajaran Alquran Hadits di Kelas IX tersebut. } }