TY - THES N1 - Shidiq Premono, M. Pd., ID - digilib29435 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29435/ A1 - FARINTIS JIHADUL ALIVI, NIM. 13670044 Y1 - 2017/08/11/ N2 - Keadaan peserta didik Indonesia yang menempati peringkat 10 besar terbawah dari 65 negara menyebabakan perlunya pengakajian ulang terhadap proses pembelajaran yang ada di Indonesia pada aspek literasi membaca, matematika dan sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji 1) ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Tri N Ki Hajar Dewantara terhadap hasil belajar peserta didik 2) ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Tri N Ki Hajar Dewantara terhadap keterampilan proses sains peserta didik berdasarkan data hasil observasi 3) ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Tri N Ki Hajar Dewantara terhadap keterampilan proses sains peserta didik berdasarkan data hasil self assessment. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Yogyakarta kelas XI MIPA Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 pada Materi Pokok Hidrolisis Garam. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA yang terdiri atas tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 (sebagai kelas kontrol) dan XI MIPA 2 (sebagai kelas eksperimen). Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan cara ujian yaitu pre-test dan post-test, observasi dan self assessment. Teknik pengambilan data yang berbeda pada penelitian ini memiliki teknik analisis sama yaitu data hasil belajar dan hasil keterampilan proses sains menggunakan uji statistik non parametrik uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan 1) tidak ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Tri N Ki Hajar Dewantara terhadap hasil belajar peserta didik dibuktikan dengan nilai P 0,05 yaitu sebesar 0,644. 2) tidak ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Tri N Ki Hajar Dewantara terhadap keterampilan proses sains peserta didik berdasarkan hasil observasi dengan nilai P 0,05 yaitu sebesar 0,688 dan 3) tidak ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Tri N Ki Hajar Dewantara terhadap keterampilan proses sains peserta didik berdasarkan hasil self assessment dengan nilai P 0,005 yaitu sebesar 0,936. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Model Pembelajaran Tri N Ki Hajar Dewantara KW - hasil belajar dan keterampialn proses sains. M1 - skripsi TI - PENGARUH MODEL TRI N (NITENI, NIROKKE DAN NAMBAHI) AJARAN KI HAJAR DEWANTARA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK AV - restricted EP - 291 ER -