eprintid: 2944 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/29/44 datestamp: 2012-08-08 14:07:59 lastmod: 2012-08-08 14:08:48 status_changed: 2012-05-04 16:43:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ISTANIA WIDAYATI HIDAYATI NIM. 05410034, title: KONSEP PENGASUHAN ANAK DALAM REALITY SHOW NANNY 911 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pengasuhan, Anak, Reality Show Nanny 911, Pendidikan Agama Islam note: Pembimbing : Muqowim, M.Ag abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep pengasuhan anak. Konsep pengasuhan yang dimaksud diambil dari sebuah tayangan reality show produksi Amerika berjudul Nanny 911 yang tengah ditayangkan di stasiun televisi Metro TV. Selama ini jutaan orangtua (sebagai pengasuh anak) masih menggunakan pola yang sama dan mengulang kebiasaan buruk yang salah. Mereka menghendaki anak yang patuh namun orang tua tidak konsisten, mereka juga menghendaki anak yang hormat namun orangtua tidak mendengarkan perasaan mereka. Anak-anak mulai kehilangan rasa amannya. Hubungan orangtua-anak yang seharusnya menjadi kekuatan berubah menjadi semacam pertentangan. Rumusan masalah penelitian ini ada dua, yaitu: Konsep pengasuhan apa saja yang terkandung dalam reality show Nanny 911 dan bagaimana implikasi konsep pengasuhan Nanny 911 terhadap Pendidikan Agama Islam di dalam keluarga. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi semacam teknik evaluasi bagi para orangtua dalam mengkritisi model pengaasuhan yang selama ini mereka terapkan, serta mengganti konsep pengasuhan buruk dengan pengasuhan yang lebih baik yang dilandasi nafas keislaman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan psikologi, dengan mengambil latar reality show Nanny 911 sebagai obyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Analisis data dengan content analysis. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa Nanny 911 memiliki konsep-konsep pengasuhan sebagai berikut: 1) Bersikap konsisten terhadap perkataan dan aturan yang ditetapkan. 2) Setiap tindakan memiliki konsekuensi. 3) Orangtua bekerjasama sebagai satu tim. 4) Mendengarkan anak dengan baik. 5) Menentukan rutinitas pada kegiatan keluarga. 6) Orangtua dan anak bersikap saling menghormati. 7) Penguatan positif lebih berhasil daripada penguatan negatif. 8) Mendefinisikan peran sebagai orangtua. Implikasinya terhadap pendidikan Islam: sikap disiplin dan konsisten merupakan sunatullah yang Allah laksanakan dalam menjalankan keteraturan di bumi ini. Konsekuensi juga digunakan Allah dalam mendidik hamba-Nya, surga dan neraka merupakan wujud penghargaan dan hukuman terhadap manusia. Bersikap lemah-lembut, mendengarkan, saling menghormati dan menjadi orang tua yang bertanggung jawab merupakan akhlak rasul. Dalam menyelesaikan masalah, hendaknya kembali kepada Al-Qur’an dan Sunnah karena di dalamnya terdapat banyak sekali jalan keluar yang disediakan bagi manusia. date: 2009-07-27 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-07-27 13:34:11 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--istaniawid-2663-1-istania-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/54/digilib-uinsuka--istaniawid-2663-1-istania-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3054 ; nama file lama : ISTANIA WIDAYATI HIDAYATI 05410034 KONSEP PENGASUHAN ANAK DALAM REALITY SHOW NANNY 911 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1966779 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ISTANIA WIDAYATI HIDAYATI NIM. 05410034, (2009) KONSEP PENGASUHAN ANAK DALAM REALITY SHOW NANNY 911 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2944/1/BAB%20I%2CV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2944/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2944/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2944/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2944/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2944/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2944/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2944/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2944/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2944/10/small.jpg