TY - THES N1 - Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc ID - digilib29445 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29445/ A1 - HIKMAH MASLAKHAH, NIM. 13600006 Y1 - 2017/11/22/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Tutor Sebaya terhadap pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan karena pembelajaran di MTsN 9 Bantul masih bersifat konvensional serta masih rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya. Variabel terikatnya adalah pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 9 Bantul tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, kelas VII A dengan jumlah 29 siswa dijadikan sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional, kelas VII C dengan jumlah 28 siswa dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan treatment berupa model pembelajaran Tutor Sebaya. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan skala kemandirian belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji kesamaan rata-rata menggunakan uji Mann-Whitney. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan bantuan Software SPSS.16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Tutor Sebaya lebih efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika dan kemandirian belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Model Pembelajaran Tutor Sebaya KW - Pemahaman Konsep KW - Kemandirian Belajar M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL TUTOR SEBAYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN 9 BANTUL AV - restricted EP - 319 ER -