eprintid: 29448 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/94/48 datestamp: 2018-02-13 02:49:45 lastmod: 2018-02-13 02:49:45 status_changed: 2018-02-13 02:49:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: EVI TRIYANA, NIM. 13600024 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Guided Inquiry, Problem Based Learning note: Suparni, M.Pd abstract: Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, untuk mengetahui efektivitas pembelajaran model Guided Inquiry dibandingkan model konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kedua, untuk mengetahui efektivitas model PBL dibandingkan model konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Terakhir, untuk mengetahui efektivitas model Guided Inquiry dibandingkan model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control group. Variabel bebas dalam penelitian ini berupa pembelajaran dengan model Guided Inquiry dan model PBL. Variabel terikat berupa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Karangmoncol tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 98 siswa. Kelas eksperimen 1 diberikan treatment berupa pembelajaran model Guided Inquiry. Kelas eksperimen 2 diberikan treatment berupa pembelajaran model PBL. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika (pretest dan posttest). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik inferensial meliputi uji anova satu jalur dan uji tukey. Uji perbedaan rata-rata menghasilkan nilai sig. 0,05 yang menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata dari ketiga kelompok. Uji lanjut dilakukan menggunakan uji tukey yang menghasilkan nilai sig. 0,05 pada setiap kelompok sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata pada masing-masing kelompok. Dilihat dari skor gain, dapat diurutkan dari yang tertinggi yaitu model Guided Inquiry, model PBL dan model konvensional. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model Guided Inquiry lebih efektif dibandingkan model konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, model PBL lebih efektif dibandingkan model konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dan model Guided Inquiry lebih efektif dibandingkan model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. date: 2017-08-31 date_type: published pages: 362 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: EVI TRIYANA, NIM. 13600024 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29448/1/13600024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29448/2/13600024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf