TY - THES N1 - Pembimbing : Sukiman, M.Pd. ID - digilib2945 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2945/ A1 - ITA FI'LIANA NIM. 05410033, Y1 - 2009/07/27/ N2 - ABSTRAK Latar belakang masalah penelitian ini adalah Kebijakan yang ditetapkan oleh majlis DIKDASMEN sebenarnya banyak sekali, termasuk masalah seragam khas untuk semua pesrta didik, membentuk TK ââ?¬Ë?Aisyiyah percontohan bagi semua pendidikan, masalah kurikulum dan lain-lain. Akan tetapi masih banyak kendala yang dihapi oleh taman kanak-kanak di Pimpinan Cabang Aisyiyah Wonosari Kendalanya yaitu kebanyakan guru-guru TK itu pada umumnya lulusannya tidak sama, ada yang ada yang lulusan dari SMA, dari PGTK, Diploma II (DII) , bahkan juga ada yang dari perguruan tinggi yang menempuh sarjana (S1). Sehingga dalam melaksanakan kebijakan itu juga berbeda-beda. Masih banyak Taman kanak-kanak (TK) yang belum sepenuhnya menjalankan kebijakan yang dibuat oleh majlis DIKDASMEN. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Implementasi Kebijakan Pendidikan Majlis Dikdasmen Pimpinan Daerah Aisyiyah Klaten Pada Pendidikan Taman Kanak-Kanak Khususnya di PCA Wonosari serta kendalakendala yang dihadapi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan Implementasi Kebijakan Pendidikan Majlis Dikdasmen Pimpinan Daerah Aisyiyah Klaten Pada Pendidikan Taman Kanak-Kanak tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar TK di PCA Wonosari. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakuakan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan dua modus, yaitu dengan mengadakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan Kebijakan pimpinan Daerah ââ? Aisyiyah Klaten :1) Meningkatkan kualitas pendidikan ââ?¬Ë?Aisyiyah yang berbasis pada kecerdasan (Tarbiyah, taââ?¬â?¢lim dan taââ?¬â?¢dib), 2. Membentuk TK ââ? Aisyiyah percontohan untuk menjawab ketertinggalan pendidikan ââ? Aisyiyah, 3. Mewujudkan busana yang Islami,4. Pengembangan atau peningkatan kualitas pendidikan Taman kanak-kanak ââ?¬ Aisyiyah, 5. Peningkatan kualitas dan kesejahteraan guru serta daya dukung sarana, prasarana,6. Peningkatan sarana dan prasarana. Sedangkan implementasi pada taman kanak-kanak Pimpinan Cabang wonosari berjalan dengan baik akan tetapi masih ada kendala dalam implementasi kebijakan tersebut adapun kendalanya adalah sebagai berikut: Seragam guru dan seragam murid yang kurang mampu serta anak yatim, kurangnya sarana dan prasarana, penambahan gedung atau ruang untuk menjalankan aktifitas pembelajaran, Kurangnya tenaga pendidik atau guru, honor yang belum sesuai kurikulum KTSP yang belum dilaksanakan guru minimal PGTK. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Implementasi KW - Kebijakan KW - Pendidikan KW - Taman Kanak-Kanak M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN MAJLIS DIKDASMEN PIMPINAN DAERAH ?AISYIYAH KLATEN PADA PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK ( Studi Kasus di Taman Kanak-Kanak Pimpinan Cabang ?Aisyiyah Wonosari Kabupaten Klaten ) AV - restricted ER -