@phdthesis{digilib29451, month = {November}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELECTUALLY, AND REPETITION) DENGAN SETTING METODE NHT (NUMBER HEADS TOGETHER) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KERJASAMA SISWA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM. 13600045 RENI ATIKAH}, year = {2017}, note = {Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc.,}, keywords = {Efektivitas, Model Pembelajaran AIR, Metode NHT, Pemahaman Konsep, Kerjasama Siswa.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29451/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran matematika dengan model pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, and Repetition) dengan setting metode NHT (Number Heads Together) dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Tujuan lainnya, untuk mengetahui model pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, and Repetition) dengan setting metode NHT (Number Heads Together) dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kerjasama siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas yaitu model pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, and Repetition) dengan setting metode NHT (Number Heads Together) dan dua variabel terikat yaitu kemampuan pemahaman konsep matematika dan kerjasama siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Pleret tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 224 siswa yang dikelompokkan ke dalam tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Terpilih kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII A sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pretest-posttest dan skala sikap. Teknik analisis data untuk menjawab kedua tujuan penelitian ini adalah independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model AIR dengan setting metode NHT lebih efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Pembelajaran dengan menggunakan model AIR dengan setting metode NHT lebih efektif terhadap kerjasama siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.} }